HASIL RUMUSAN MUNADLOROH
MWC NU
MAYONG- NALUMSARI
Bagaimana
hukumnya orang mengelola uang jariyah masjid ?
a)
Bolehkah
untuk membayar merbot masjid ?
b)
Dan di belakang masjid ada maqom,
bolehkah untuk membayar tukang kuburnya ?
JAWABAN ;
a.
Hukumnya boleh jika tidak ada
ketentuan khusus dari pemberi bahwa uang jariyah tersebut untuk pembangunan masjid
b.
Hukumnya tidak
boleh kecuali ada ketentuan khusus dari mutashaddiq bahwa uang tersebut boleh
untuk kepentingan kubur
(
مسئلة ب ) يجوز للقيم شراء عبد للمسجد ينتفع به لنحو نزح ان تعينت المصلحة فى ذلك
اذ المدار كله فى سائر الأولياء عليها الى ان قال ...... ويجوز بل يندب للقيم ان
يفعل ما يعتاد فى المسجد من قهوة ودخون وغيرهما مما يرغب نحو المصلين وان لم يعتد
قبل اذا زاد على عمارته ( بغية المسترشدين : 65 )
(مسئلة
ي) ليس للناظر العام هو القض او الوالى .............. ( بغية المسترشدين : 65 )
يجب رفه على ما جرت به عادة الأولين فيه (فتاوى الكبرى )
يجوز حصر المسجد
البالية ........ ( بغية المسترشدين :باب الوقف )
ويصرف ريع الموقوف على المسجد........... ( هامش إعانة :
3جزء ص : 183 )
2.
Satu kaum
membangun masjid sudah jadi bagus seperti yang direncanakan , tetapi masih ada
bahan/kayu yag lebih. Dari pada kayu itu dimakan rayap, bisakah kelebihan kayu
dan material dan uangnya untuk kebutuhan masjid tersebut ?
JAWABAN
;
Boleh jika memang kayu tersebut tidak termasuk bagian
dari waqafan masjid
ولو
اشترى الناظر أخشابا للمسجد، أو وهبت له وقبلها الناظر: جاز بيعها لمصلحة - كأن خاف
عليها نحو سرقة - لا إن كانت موقوفة من أجزاء المسجد، بل تحفظ له وجوبا. ﴿هامش إعانة الطالبين : 3: 181﴾
(قوله: ولو اشترى الناظر) أي من غلة الموقوف على
المسجد، (وقوله: أخشابا للمسجد) أي أخشابا تحفظ وتهيأ لما يحدث في المسجد من خراب
(قوله: أو وهبت) أي الاخشاب، وقوله له أي للمسجد (قوله: وقبلها الناظر) قيد في الهبة،
فإن لم يقبلها الناظر لا تصح الهبة له، بخلاف الوقف له، فإنه يصح، ولو لم يقبل الناظر،
كما مر (قوله: جاز بيعها) أي الاخشاب التي اشتراها الناظر أو وهبت له (قوله: لمصلحة)
أي تعود للمسجد (قوله: كأن خاف الخ) تمثيل للمصلحة (قوله: لا إن كانت موقوفة) أي فلا
يجوز بيعها. (وقوله: من أجزاء المسجد) أي من جملة أجزائه الموقوفة. ﴿ إعانة الطالبين : 3: 181﴾
3.
Bagaimana
hukumnya orang yang akan ibadah haji diinjeksi/suntik lemak babi ? kalau
tidak mau tidak boleh berangkat. Lalu dosakah orang tersebut tidak jadi
menunaikan ibadah haji gara-gara tidak mau diinjeksi/suntik lemak babi ?
padahal sudah wajib menunaikannya ?
JAWABAN ;
Bila tidak ditemukan adanya obat yang lain, maka boleh
diinjeksi dan hajinya tetap menjadi wajib bagi orang yang pertama
kali ibadah haji.
(قوله: وجوخ إلخ) في المغني: سئل ابن الصلاح عن
الجوخ الذي اشتهر على ألسنة الناس أن فيه شحم الخنـزير ؟
فقال: لا يحكم بنجاسته إلا بتحقق النجاسة. اﻫ.
4.
Kados pundi
hukumipun mbeto/mikul mayit dateng masjid/dateng maqbaroh sirahe wonten ngajeng
? lan kados pundi hukumipun menawi sukunipun ingkang wonten ngajeng ?
JAWABAN
:
Hukum
membawa mayit ke Maqbaroh adalah sunnah Kepala didahulukan sesuai dengan arah
jalan, baik mengarah ke Qiblat ataupun tidak. Bila terbalik maka tidak menjadi
mas’alah
(قوله : إلى تنكيس رأس الميت ) يؤخذ
منه أن السنة فى وضع رأس الميت فى حال السير أن يكون ألى جهة الطريق سواء القبلة
وغيرها – (حواشى الشروانى : 3\143 )
ويؤخذ من هذا كما قاله السيد البصرى أن السنة فى وضع رأس
الميت فى حال السير أن يكون ألى جهة الطريق سواء القبلة وغيرها. فافهم ( موهبة ذى
الفضل : 3\142 )
5.
Bagaiamana
hukumnya panitia minta sumbangan dana untuk kepentingan Haul/Buka Luwur para
auliya’. Setelah dana terkumpul, sebagian dana tersebut ada yang digunakan utuk
biaya KEBUDAYAAN guna untuk meramaikan Haul tersebut ?
JAWABAN
;
Penarikan
DANA HAUL yang sebagiannya digunakan untuk KEBUDAYAAN, hukumnya ditafsil :
·
Bila Kebudayaan tersebut tidak bertentangan dengan
syari’at maka boleh.
·
Bila Kebudayaan tersebut bertentangan dengan syari’at
maka tidak boleh, baik atas izin penyumbang dana ataupun tidak
( فصل ) ولا يملك الوكيل من التصرف إلا ما يقتضيه إذن الموكل من
جهة النطق أو من جهة العرف, لأن تصرفه بالإذن, فلا يملك إلا ما يقتضيه الإذن.
والإذن يعرف بالنطق وبالعرف. فإن تناول الإذن تصرفين وفى أحدهما إضرار
بالموكل لم يجز ما فيه إضرار لقوله صلعم : لا ضرر ولا ضرار. ( المهذب : 1\35)
6.
Permasalahan ;
Seorang
isteri dengan seijin suami pergi bekerja di kota besar (Jakarta/Luar Negeri).
Selang beberapa lama, sang isteri melakukan “kawin lagi” (POLYANDRI) secara
resmi dan mempunyai Akte Nikah tanpa sepengetahuan suami. Dari perkawinan
polyandri tersebut dikaruniai seorang anak.
Pertanyaan
;
1.
Bagaimana hukum pernikahan Polyandri tersebut ?
2.
Bagaimana status anak yang dilahirkan dari hasil
pernikahan polyandri di atas. Apakah menjadi tanggung jawab suami pertama atau
kedua ?
JAWABAN
;
1.
Di tafsil :
a.
Bila Suami kedua tidak mengetahui status
isteri yang dinikahinya, maka jika dilihat dari sisi suami kedua,
pernikahannya adalah SYUBHAT. Dari sisi isteri adalah tidak sah/fasad dan
dihukumi ZINA.
b.
Bila Suami kedua mengetahui status
isteri, maka status pernikahannya TIDAK SAH, dan dihukumi ZINA.
2.
Status anak bila dimungkinkan kepada suami kedua dan adanya iqrar dari isteri maka
diintisabkan kepada suami kedua.
(مسألة) : فورقت موطوءة
وأحست بالحمل فمكثت سنة ولم تر حيضاً، ثم تزوّجت آخر فوطئها جاهلاً بالحمل فولدت
كاملاً، كان النكاح الثاني باطلاً لوقوعه في عدة الأوّل، وأما الولد فإن أمكن كونه
من الأول فقط بأن ولدته لدون أربع سنين من آخر إمكان الاجتماع، ودون ستة أشهر من
إمكان اجتماع الثاني، فللأول أو من الثاني فقط بأن عكس ذلك، فللثاني أو منهما بأن
ولد لدون الأربع في الأول، وفوق الستة في الثاني عرض على القائف، وهو مكلف حر ذكر
عدل مجرّب بعرض أصناف، فإن ألحقه بأحدهما لحقه، ولا ينتفي عنه إلا باللعان، وإن
ألحقه بهما أو نفاه عنهما أو تحير، أو لم يوجد قائف ترك حتى يبلغ، فينتسب إلى من
يميل إليه طبعه، ثم إن لحق بالأول انقضت عدتها بوضع ذلك، واعتدت للثاني بثلاثة
أقراء أو بالثاني فبالعكس، ولو مات زوجها فاعتدت بالأشهر، ثم تزوجت فظهر بها حمل
وولدته لدون ستة أشهر من نكاح الثاني لم يلحقه الولد، ووطؤه شبهة يوجب المهر لا
الحد، ويلحق الأول بقيده المذكور وإن أقرت بالزنا، وتعتد للثاني بعد الوضع. ( بغية المسترشدين :…………… )
Permasalahan ;
Ada tanah waqaf untuk pondok
pesantren. Seiring perjalanan waktu, tanah waqaf tersebut ditempati oleh
seseorang untuk tempat tinggal pribadi. Lama-kelamaan sebagian besar waqaf itu
sudah dikuasai untuk jualan, khajatan, mantu dan beranak pinak.
Pertanyaan :
a)
Bagaimana hukumnya “orang” yang menempati tanah waqaf tersebut ?
b) Apakah status jariyah para
pewaqaf menjadi hilang berkaitan dengan hilangnya fungsi tanah waqaf tersebut ?
JAWABAN ;
a. Hukumnya Tidak
Boleh kecuali mendapat izin dari waqif, atau ada kemashlahatan yang
kembali kepada fungsi barang/benda yang diwaqafkan serta tidak mengurangi fungsi barang/benda
tersebut.
b. Status jariyah
para pewaqaf tidak hilang walaupun digunakan tidak sesuai dengan porsinya
sebagaimana dimaksud dalam pertanyaan.
(ولو شرط) أي الواقف لملكه (شيئاً) كأن شرط أن لا يؤجر الوقف
أصلاً، أو سنة، أو أن لا يؤجر من ذي شوكة، أو أن الموقوف عليه يسكن فيه بنفسه
(اتبع) شرطه في غير حالة الضرورة، كسائر شروطه التي لم تخالف الشرع، وذلك لما فيه
من وجود المصلحة.) نهاية الزين
271(
ولا يجوز الارتفاق بحريم المسجد إذا أضر بأهله، ولا يجوز للامام الاذن فيه
حينئذ، وإلا جاز، ويندب منع الناس من استطراق حلق القراء والفقهاء في الجوامع
وغيرها توقيرا لهم.) إعانة الطالبين : 3/179(
قال السبكى : والذى أراه تغييرها فى غيرها ولكن بثلاثة شروط : أن
يكون يسيرا لايغير مسماه وأن لا يزيل شيئا من عينه بل ينقله من جانب إلى آخر وأن
يكون فيه مصلحة للوقف. )توشيخ
: 174(
(مسئلة)
الآرض الموقوفة أوالموصى بها للدفن فيها لايجوز لأحد ولو الواقف الإنتفاع بما لم يعتبر فيها ويلزم المنتفع فيها أجرة
المثل يصرفها الإمام فى مصالح المقبرة اى مصالح الاحياء والأموات.)إثمد العينين : 181(
Bagaimana hukum nya menggali kubur ketika mencari tempat sudah tidak
kelihatan tenger / patok nya, ternyata kira –kira sudah hampir membuat cepuri
ternyata ada kain kafan dan tulang.
Pertanyaan ;
Bolehkah
penggalian itu di teruskan ?
JAWABAN :
Hukumnya tafsil ;
a. Apabila penggalian
sudah sempurna, maka boleh diteruskan.
b. Bila belum
sempurna maka ditafsil pula ;\
§ Kalau ada tempat
yang lain yang bisa digunakan maka tidak boleh di teruskan
§ Kalau tidak ada
tempat yang lain atau dorurot (banyak nya orang yang mati) maka boleh di terus
kan.
7. Permasalahan ;
Orang yang karena usia atau karena
kecelakaan dimungkinkan sehingga giginya tanggal (ompong).
Pertanyaan ;
a. Bolehkah
dipasang dengan gigi plastik ?
b. Kemudian sahkah
dalam melakukan sholat,
c. dan apabila
orang tersebut meninggal, wajibkah
untuk membukanya ?
JAWABAN :
a.
Hukumnya memakai
gigi plastik adalah boleh jika ada hajat (seperti mengunyah makanan, agar
membaca Al-qur’an lebih
fasih)
b.
Adapun hukum
sholatnya tetap sah
c.
Bila meninggal
dunia, tergantung ahli warisnya, bila benda tersebut (dalam hal ini gigi) dibutuhkan ahli
waris maka harus dibuka selama tidak merusak jasad mayit. Jika tetap dilepas
maka wajib dhoman (mengganti)
Is’adur rofiq
juz 2 hal 123
Tidak ada komentar:
Posting Komentar