(30) NURUL 'A'YUN

43 Karya Tulis/Lagu Nur Amin Bin Abdurrahman:
(1) Kitab Tawassulan Washolatan, (2) Kitab Fawaidurratib Alhaddad, (3) Kitab Wasilatul Fudlola', (4) Kitab Nurul Widad, (5) Kitab Ru'yah Ilal Habib Luthfi bin Yahya, (6) Kitab Manaqib Assayyid Thoyyib Thohir, (7) Kitab Manaqib Assyaikh KH.Syamsuri Menagon, (8) Kitab Sholawat Qur'aniyyah “Annurul Amin”, (9) Kitab al Adillatul Athhar wal Ahyar, (10) Kitab Allu'lu'ul Maknun, (11) Kitab Assirojul Amani, (12) Kitab Nurun Washul, (13) Kitab al Anwarullathifah, (14) Kitab Syajarotul Ashlin Nuroniyyah, (15) Kitab Atthoyyibun Nuroni, (16) Kitab al 'Umdatul Usaro majmu' kitab nikah wal warotsah, (17) Kitab Afdlolul Kholiqotil Insaniyyahala silsilatis sadatil alawiyyah, (18) Kitab al Anwarussathi'ahala silsilatin nasabiyyah, (19) Kitab Nurul Alam ala aqidatil awam (20) Kitab Nurul Muqtafafi washiyyatil musthofa.(21) KITAB QA'IDUL GHURRIL MUCHAJJALIN FI TASHAWWUFIS SHOLIHIN,(22) SHOLAWAT TARBIYAH,(23) TARJAMAH SHOLAWAT ASNAWIYYAH,(24) SYA'IR USTADZ J.ABDURRAHMAN,(25) KITAB NURUSSYAWA'IR(26) KITAB AL IDHOFIYYAH FI TAKALLUMIL ARABIYYAH(27) PENGOBATAN ALTERNATIF(28) KITAB TASHDIRUL MUROD ILAL MURID FI JAUHARUTITTAUHID (29) KITAB NURUL ALIM FI ADABIL ALIM WAL MUTAALLIM (30) NURUL 'A'YUN ALA QURRATIL UYUN (31) NURUL MUQODDAS FI RATIBIL ATTAS (32) INTISARI & HIKMAH RATIB ATTAS (33) NURUL MUMAJJAD fimanaqibi Al Habib Ahmad Al Kaff. (34) MAMLAKAH 1-25 (35) TOMBO TEKO LORO LUNGO. (36) GARAP SARI (37) ALAM GHAIB ( 38 ) PENAGON Menjaga Tradisi Nusantara Menulusuri Ragam Arsitektur Peninggalan Leluhur, Dukuh, Makam AS SAYYID THOYYIB THOHIR Cikal Bakal Dukuh Penagon Nalumsari Penagon (39 ) AS SYIHABUL ALY FI Manaqib Mbah KH. Ma'ruf Asnawi Al Qudusy (40) MACAM-MACAM LAGU SHOLAWAT ASNAWIYYAH (bahar Kamil Majzu' ) ( 41 ) MACAM-MACAM LAGU BAHAR BASITH ( 42 ) KHUTBAH JUM'AT 1998-2016 ( 43 ) Al Jawahirun Naqiyyah Fi Tarjamatil Faroidus Saniyyah Wadduroril Bahiyyah Lis Syaikh M. Sya'roni Ahmadi Al Qudusy.

Kamis, 19 Juli 2012

HASIL RUMUSAN MUNADLOROH


HASIL RUMUSAN MUNADLOROH
MWC NU MAYONG- NALUMSARI
  Bagaimana hukumnya orang mengelola uang jariyah masjid ?
a)       Bolehkah untuk membayar merbot masjid ?
b)       Dan di belakang masjid ada maqom, bolehkah untuk membayar tukang kuburnya ?
JAWABAN ;
a.      Hukumnya boleh jika tidak ada ketentuan khusus dari pemberi bahwa uang jariyah tersebut untuk pembangunan masjid
b.      Hukumnya tidak boleh kecuali ada ketentuan khusus dari mutashaddiq bahwa uang tersebut boleh untuk kepentingan kubur
( مسئلة ب ) يجوز للقيم شراء عبد للمسجد ينتفع به لنحو نزح ان تعينت المصلحة فى ذلك اذ المدار كله فى سائر الأولياء عليها الى ان قال ...... ويجوز بل يندب للقيم ان يفعل ما يعتاد فى المسجد من قهوة ودخون وغيرهما مما يرغب نحو المصلين وان لم يعتد قبل اذا زاد على عمارته ( بغية المسترشدين : 65 )
 (مسئلة ي) ليس للناظر العام هو القض او الوالى .............. ( بغية المسترشدين : 65 )
يجب رفه على ما جرت به عادة الأولين فيه (فتاوى الكبرى )
يجوز حصر  المسجد البالية ........ ( بغية المسترشدين :باب الوقف )
ويصرف ريع الموقوف على المسجد........... ( هامش إعانة : 3جزء ص : 183 )
2.      Satu kaum membangun masjid sudah jadi bagus seperti yang direncanakan , tetapi masih ada bahan/kayu yag lebih. Dari pada kayu itu dimakan rayap, bisakah kelebihan kayu dan material dan uangnya untuk kebutuhan masjid tersebut ?
JAWABAN ;
Boleh jika memang kayu tersebut tidak termasuk bagian dari waqafan masjid
ولو اشترى الناظر أخشابا للمسجد، أو وهبت له وقبلها الناظر: جاز بيعها لمصلحة - كأن خاف عليها نحو سرقة - لا إن كانت موقوفة من أجزاء المسجد، بل تحفظ له وجوبا. ﴿هامش إعانة الطالبين : 3: 181﴾
(قوله: ولو اشترى الناظر) أي من غلة الموقوف على المسجد، (وقوله: أخشابا للمسجد) أي أخشابا تحفظ وتهيأ لما يحدث في المسجد من خراب (قوله: أو وهبت) أي الاخشاب، وقوله له أي للمسجد (قوله: وقبلها الناظر) قيد في الهبة، فإن لم يقبلها الناظر لا تصح الهبة له، بخلاف الوقف له، فإنه يصح، ولو لم يقبل الناظر، كما مر (قوله: جاز بيعها) أي الاخشاب التي اشتراها الناظر أو وهبت له (قوله: لمصلحة) أي تعود للمسجد (قوله: كأن خاف الخ) تمثيل للمصلحة (قوله: لا إن كانت موقوفة) أي فلا يجوز بيعها. (وقوله: من أجزاء المسجد) أي من جملة أجزائه الموقوفة. ﴿ إعانة الطالبين : 3: 181﴾
3.      Bagaimana hukumnya orang yang akan ibadah haji diinjeksi/suntik lemak babi ? kalau tidak mau tidak boleh berangkat. Lalu dosakah orang tersebut tidak jadi menunaikan ibadah haji gara-gara tidak mau diinjeksi/suntik lemak babi ? padahal sudah wajib menunaikannya ?
JAWABAN ;
Bila tidak ditemukan adanya obat yang lain, maka boleh diinjeksi dan hajinya tetap menjadi wajib bagi orang yang pertama kali ibadah haji.
(قوله: وجوخ إلخ) في المغني: سئل ابن الصلاح عن الجوخ الذي اشتهر على ألسنة الناس أن فيه شحم الخنـزير ؟ فقال: لا يحكم بنجاسته إلا بتحقق النجاسة. اﻫ.
4.      Kados pundi hukumipun mbeto/mikul mayit dateng masjid/dateng maqbaroh sirahe wonten ngajeng ? lan kados pundi hukumipun menawi sukunipun ingkang wonten ngajeng ?
JAWABAN :
Hukum membawa mayit ke Maqbaroh adalah sunnah Kepala didahulukan sesuai dengan arah jalan, baik mengarah ke Qiblat ataupun tidak. Bila terbalik maka tidak menjadi mas’alah
(قوله : إلى تنكيس رأس الميت ) يؤخذ منه أن السنة فى وضع رأس الميت فى حال السير أن يكون ألى جهة الطريق سواء القبلة وغيرها – (حواشى الشروانى : 3\143 )
ويؤخذ من هذا كما قاله السيد البصرى أن السنة فى وضع رأس الميت فى حال السير أن يكون ألى جهة الطريق سواء القبلة وغيرها. فافهم ( موهبة ذى الفضل : 3\142 )
5.      Bagaiamana hukumnya panitia minta sumbangan dana untuk kepentingan Haul/Buka Luwur para auliya’. Setelah dana terkumpul, sebagian dana tersebut ada yang digunakan utuk biaya KEBUDAYAAN guna untuk meramaikan Haul tersebut ?
JAWABAN ;
Penarikan DANA HAUL yang sebagiannya digunakan untuk KEBUDAYAAN, hukumnya ditafsil :
·         Bila Kebudayaan tersebut tidak bertentangan dengan syari’at maka boleh.
·         Bila Kebudayaan tersebut bertentangan dengan syari’at maka tidak boleh, baik atas izin penyumbang dana ataupun tidak
( فصل ) ولا يملك الوكيل من التصرف إلا ما يقتضيه إذن الموكل من جهة النطق أو من جهة العرف, لأن تصرفه بالإذن, فلا يملك إلا ما يقتضيه الإذن. والإذن يعرف بالنطق وبالعرف. فإن تناول الإذن تصرفين وفى أحدهما إضرار بالموكل لم يجز ما فيه إضرار لقوله صلعم : لا ضرر ولا ضرار. ( المهذب : 1\35)
6.      Permasalahan ;
Seorang isteri dengan seijin suami pergi bekerja di kota besar (Jakarta/Luar Negeri). Selang beberapa lama, sang isteri melakukan “kawin lagi” (POLYANDRI) secara resmi dan mempunyai Akte Nikah tanpa sepengetahuan suami. Dari perkawinan polyandri tersebut dikaruniai seorang anak.
Pertanyaan ;
1.      Bagaimana hukum pernikahan Polyandri tersebut ?
2.      Bagaimana status anak yang dilahirkan dari hasil pernikahan polyandri di atas. Apakah menjadi tanggung jawab suami pertama atau kedua ?

JAWABAN ;
1.         Di tafsil :
a.      Bila Suami kedua tidak mengetahui status isteri yang dinikahinya, maka jika dilihat dari sisi suami kedua, pernikahannya adalah SYUBHAT. Dari sisi isteri adalah tidak sah/fasad dan dihukumi ZINA.
b.      Bila Suami kedua mengetahui status isteri, maka status pernikahannya TIDAK SAH, dan dihukumi ZINA.
2.    Status anak bila dimungkinkan kepada suami kedua  dan adanya iqrar dari isteri maka diintisabkan kepada suami kedua.
(مسألة) : فورقت موطوءة وأحست بالحمل فمكثت سنة ولم تر حيضاً، ثم تزوّجت آخر فوطئها جاهلاً بالحمل فولدت كاملاً، كان النكاح الثاني باطلاً لوقوعه في عدة الأوّل، وأما الولد فإن أمكن كونه من الأول فقط بأن ولدته لدون أربع سنين من آخر إمكان الاجتماع، ودون ستة أشهر من إمكان اجتماع الثاني، فللأول أو من الثاني فقط بأن عكس ذلك، فللثاني أو منهما بأن ولد لدون الأربع في الأول، وفوق الستة في الثاني عرض على القائف، وهو مكلف حر ذكر عدل مجرّب بعرض أصناف، فإن ألحقه بأحدهما لحقه، ولا ينتفي عنه إلا باللعان، وإن ألحقه بهما أو نفاه عنهما أو تحير، أو لم يوجد قائف ترك حتى يبلغ، فينتسب إلى من يميل إليه طبعه، ثم إن لحق بالأول انقضت عدتها بوضع ذلك، واعتدت للثاني بثلاثة أقراء أو بالثاني فبالعكس، ولو مات زوجها فاعتدت بالأشهر، ثم تزوجت فظهر بها حمل وولدته لدون ستة أشهر من نكاح الثاني لم يلحقه الولد، ووطؤه شبهة يوجب المهر لا الحد، ويلحق الأول بقيده المذكور وإن أقرت بالزنا، وتعتد للثاني بعد الوضع.  ( بغية المسترشدين :…………… )
Permasalahan ;
Ada tanah waqaf untuk pondok pesantren. Seiring perjalanan waktu, tanah waqaf tersebut ditempati oleh seseorang untuk tempat tinggal pribadi. Lama-kelamaan sebagian besar waqaf itu sudah dikuasai untuk jualan, khajatan, mantu dan beranak pinak.
Pertanyaan :
a)        Bagaimana hukumnya “orang” yang menempati tanah waqaf tersebut ?
b)   Apakah status jariyah para pewaqaf menjadi hilang berkaitan dengan hilangnya fungsi tanah waqaf tersebut ?
JAWABAN ;
a.    Hukumnya Tidak Boleh kecuali mendapat izin dari waqif, atau ada kemashlahatan yang kembali kepada fungsi barang/benda yang diwaqafkan serta tidak mengurangi fungsi barang/benda tersebut.
b.    Status jariyah para pewaqaf tidak hilang walaupun digunakan tidak sesuai dengan porsinya sebagaimana dimaksud dalam pertanyaan.

(ولو شرط) أي الواقف لملكه (شيئاً) كأن شرط أن لا يؤجر الوقف أصلاً، أو سنة، أو أن لا يؤجر من ذي شوكة، أو أن الموقوف عليه يسكن فيه بنفسه (اتبع) شرطه في غير حالة الضرورة، كسائر شروطه التي لم تخالف الشرع، وذلك لما فيه من وجود المصلحة.) نهاية الزين 271(
ولا يجوز الارتفاق بحريم المسجد إذا أضر بأهله، ولا يجوز للامام الاذن فيه حينئذ، وإلا جاز، ويندب منع الناس من استطراق حلق القراء والفقهاء في الجوامع وغيرها توقيرا لهم.) إعانة الطالبين : 3/179(
قال السبكى : والذى أراه تغييرها فى غيرها ولكن بثلاثة شروط : أن يكون يسيرا لايغير مسماه وأن لا يزيل شيئا من عينه بل ينقله من جانب إلى آخر وأن يكون فيه مصلحة للوقف. )توشيخ : 174(
(مسئلة) الآرض الموقوفة أوالموصى بها للدفن فيها لايجوز لأحد ولو الواقف الإنتفاع بما لم يعتبر فيها ويلزم المنتفع فيها أجرة المثل يصرفها الإمام فى مصالح المقبرة اى مصالح الاحياء والأموات.)إثمد العينين : 181(
Bagaimana hukum nya menggali kubur ketika mencari tempat sudah tidak kelihatan tenger / patok nya, ternyata kira –kira sudah hampir membuat cepuri ternyata ada kain kafan dan tulang.
Pertanyaan ;
Bolehkah penggalian itu di teruskan ?
JAWABAN :
Hukumnya tafsil ;
a.      Apabila penggalian sudah sempurna, maka boleh diteruskan.
b.      Bila belum sempurna maka ditafsil pula ;\
§  Kalau ada tempat yang lain yang bisa digunakan maka tidak boleh di teruskan
§  Kalau tidak ada tempat yang lain atau dorurot (banyak nya orang yang mati) maka boleh di terus kan.
7.      Permasalahan ;
Orang yang karena usia atau karena kecelakaan dimungkinkan sehingga giginya tanggal (ompong).
Pertanyaan ;
a.      Bolehkah dipasang dengan gigi plastik ?
b.      Kemudian sahkah dalam melakukan sholat,
c.       dan apabila orang tersebut meninggal, wajibkah untuk membukanya ?
JAWABAN :
a.      Hukumnya memakai gigi plastik adalah boleh jika ada hajat (seperti mengunyah makanan, agar membaca Al-qur’an lebih fasih)
b.      Adapun hukum sholatnya tetap sah
c.       Bila meninggal dunia, tergantung ahli warisnya, bila benda tersebut (dalam hal ini gigi) dibutuhkan ahli waris maka harus dibuka selama tidak merusak jasad mayit. Jika tetap dilepas maka wajib dhoman (mengganti)

Is’adur rofiq juz 2 hal 123

Tidak ada komentar: