ZAKAT
Catatan:
1- Batas Wilayah zakat adalah balad (kecamatan) Kalau keluar dari balad
maka berarti NAQLUZ ZAKAT yang tidak diperbolehkan Keterangan kitab I’anatut
thalibin juz 2 hal 198 (fashl fi adaizzakat). Dan kitab syarqawi ala tuhfatuhut
thullab juz 1 hal 394.
2- Naqluzzakat dalam kitab I’anatut thalibin juz 2 hal 1978 yang
memperbolehkan adalah pedapat imam Hanafi (wabihi qola abu hanifah wayajuzu
indahu naqluzzakat ma’al karohah wadaf’u qimataha waaina malittijarah).
3-Apabila tidak ditemukan MUSTAHIQ (malu diatas namakan fakir miskin
atau lainnya) maka wajib naqluzzakat.keterangan kitab qulyubi juz 3 hal 203
(kitabu qismisshodaqat) (walau adamul ashnaf filbaladi wajabannaqlu) ila
aqrabil bilad ilaihi.
4- Menyerahkan zaakat kepada
lembaga/panitia/wakil itu diperbolehkan tapi lebih baik memberikan sendiri
kepada yang berhak. Keterangan kitab bajuri juz 1 hal 281.(waadauha
lahu…..) 5- NAQLUZZAKAT Ada yang
memperbolehkan dan ada yang tidak memperbolehkan, menurut qaul masyhur dari
madzhab maliki dan syafi’I maka TIDAK BOLEH apabila di daerah/balad tersebut
masih ada mustahiq, menurut madzhab hanafi dan para mujtahid termasuk imam
bukhari maka BOLEH. Keterangan kitab
I’anatuttaholibain juz 2 hal 187. 6-
Pengurus minta zakat kepada lembaga dari luar daerah itu BOLEH apabila pengurus
termasuk MUSTAHIQ (fakir miskin,gharim atau lainnya) dan lembaga tersebut statusnya
sebagai wakil dari MUZAKKI (orang yang zakat).Masalah minta diluar Daerah bukan
termasuk NAQLUZZAKAT yang khilafiyyah. Keterangan kitab I’anatut thalibin juz 2
hal 199.
7- YATIM PIATU Boleh menerima zakat apabila mereka termasuk dari salah
satu delapan ashnaf yang berhak menerima zakat seperti fakir atau miskin dan
bukan keturunan bani hasyim dan bani muthallib itu menurut pendapat yang
shahih. Keterangan kitab kifayatul akhyar juz 1 hal 198.
8- Anak yatim tidak berhak menerima zakat kecuali ia termasuk fakir
miskin yang tidak ada penanggungnya.tapi dalam santunan boleh menerimanya bukan
atas nama zakat.keterangan kitab I’anatut thalibin juz 2 hal 186-187.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar