8. NAMA KH.
SYAMSURI
Untuk nama syamsuri ini nama asli
pemberian dari orang tuanya (kyai Muhammad rais). dalam bahasa arab bila satu
kalimat maka belum ditemukan artinya bila dua kalimat syamsu-ri maka berarti
matahari dan melihat kalau diterjamahkan secara bebas adalah melihat sinar yang
terang benderang atau sinar yang terlihat jelas. mungkin dengan nama ini orang
tua beliau menginginkan anaknya supaya menjadi orang yang terang dan menerangi
segalanya dengan ilmu dan hikmah yang diberikan Allah kepadanya. Ketika beliau
usai menunaikan ibadah haji beliau tabarrukan nama yaitu ” Muhammad Nur Hasan
Thoyyib ” yang artinya seorang yang terpuji yang punya cahaya bagus nan indah. Dengan
nama ini beliau semakin masyhur dalam ketokohannya baik dari ulama’nya
thabibnya’ dan kesufiannya. Ada lagi beliau terkenal Dengan sebutan “ WALI
NGISOR GUNUNG TORENGGO “ maksudnya dengan ketenaran beliau sebagai orang besar
yang bermukim (domisili) di daerah kecil yaitu penagon daerah itu kalau dilihat
dari selatan persis bagaikan dibawah Gunung Sapto Renggo dengan segala
keindahannya padahal sebelah utaranya masih ada beberapa desa menuju gunung
sapto renggo seperti bendan pete,ngetuk(kaki gunung), dan bate gede (lereng
gunung) sampai sreni. kalau dilihat dari arah selatan gundukan gunung sapto
renggo adalah yang paling tinggi dan besar disitu terkenal adanya puncak songo
likur (29) istilah puncak tertinggi. dan di daerah tersebut masih banyak
pertapa-pertapa yang bersemedi dengan Begawan-begawannya. dan di daerah itu
masih rawan binatang-binatang hutan seperti kera , macan ular dan lain
sebagainya dan daerah sebelah timurnya terkenal dengan gunung muria yang di
situ tinggal sebuah makam dari pada wali songo yaitu “Raden Umar Said (sunan
muria) bin Raden Syahid (sunan Kali Jaga). di sinilah keindahan sapto renggo
dan muria sebagai deretan dan gabungan gunung indah sebagai paku bumi dan
ayat-ayat Allah swt.
9. SIAPA KH. SYAMSURI
Mbah Syamsuri adalah pendatang
dari daerah jabal khair (jebol) Beliau datang ke penagon ada yang mengatakan
ketika kecil sampai dewasa sering ikut ayah nya berdagang sampai ke penagon.
Dilihat ada haibah atau kewibawaan yang keluar dari wajah mbah syamsuri ada
tokoh masyarakat yang bernama ”Mbah joyo wongso” carik penagon saat itu
ceritanya yang menjabat petingginya adalah mbah H.abdul syukur. selanjutnya
mbah joyo wongso meminang mbah syamsuri muda untuk menjadi suami putrinya “mur”
yang akhirnya mbah syamsuri menikah dengan mbah mur dan bermukim menjadi orang
penagon. Habib hasan bin ali assyihab mayong mengatakan bahwa mbah Syamsuri ke
penagon sampai menetap di penagon semata-mata perintah dari mbah Sayyid Thoyyib
Thohir untuk mensyi’arkan agama atau menerapkan syari’at islam yang masa itu
masih terbelakang. mbah Syamsuri adalah seorang keturunan darah biru dari
mataram putra kyai m. rais putra kyai abdul ghoni putra kyai haji hasan bisri (akal
bakal desa jabal khair) keturunan nglau, bunggoro, pati mupusan, pasir negaren
demak. mbah buyut pasir dari mataram. nenek beliau yaitu istri mbah hasan bisri
dari padurenan keturunan dari candi
eyang singopadon.
10. SEMASA
HIDUPNYA.
Sewaktu usia
muda mbah syamsuri tergolong anak yang cerdas, terampil, pemberani, berjiwa
besar, santun lemah lembut serta berwibawa (kharismatik) beliau saying terhadap
masyarakat belas kasihan terhadap fakir miskin mencintai anak kecil menhormati
dan menghargai yang lebih dewasa atau tua. walau beliau keturunan darah biru
beliau tidak tertutup hatinya dengan nasab dan derajatnya untuk menghargai
orang lain beliau sangat tahu orang yang menyombongkan keturunannya maka akan
terhalang (hijab) berkah orang-orang yang
telah di sombongkan atau para leluhurnya. Mbah Syamsuri kalau dengan
habaib atau para syarifah sangat ta’dzim sekali dan patuh apa yang di
perintahkan nya beliau kalau memanggil habib dengan sebutan “NDORO” kalau
syarifah dengan sebutan “WAN” suatu ketika dimintai sebuah radio oleh Alhabib
Abdullah bin umar Alkaf kudus yang makam nya di mujannah makam khusus para cucu
rasulullah saw di selatan madrasah ma’ahid sekitar timur makam sedio luhur
krapyak kudus. Radio diberikan padahal
waktu itu harganya cukup mahal karena tidak semua orang punya radio. itupun di
serahkan kepada habib Abdullah alkaf. Suatu ketika Habib Abdullah menguji lagi
supaya mbah syamsuri berlari kekanan kekiri diatas rel kereta api jurusan
mayong-kudus tidak boleh berhenti kalau tidak berhenti dan nbah syamsuri pun
melaksanakannya dengan khidmah. setelah itu mbah syamsuri disuruh habib
Abdullah ziarah makam mbah buyutnya yaitu mbah hasan bisri jebol disana mbah
syamsuri dijumpai mbah nya tersebut dan bersabda serta mendoakannya “ Hai Syamsuri olehmu taat lan nglayani habib
saiki hasil hajatmu lan kabeh ilmu kuwe ngerti (futuh). dari saat itulah mbah
syamsuri menjadi faqih Allamah dan waskitha (kasyaf) padahal beliau tidak
sekolah sampa kemana-mana kalau ditanyai masalah agama terus dijawab dan
ditunjukkan ma’khodz kitabnya (refrensinya). Beliau adalah guru ilmu alat
seperti Nahwu alfiyah ibnu malik. diantara muridnya adalah mbah syarbini
penagon dan didalam ilmu shorof diantara muridnya adalah mbah KH. Ali Mansur
nalumsari (misananya). mbah syamsuri juga guru tauhid termasuk syarah hikam
diantara muridnya adalah mbah KH. Basyari penggung balekambang seorang pecinta
dan penganut jama’ah Assyahadatain ABAH UMAR CIREBON sekaligus teman HABIB ALI
MAYONG yang katanya mbah ma’ruf asnawi kudus bahwa mbah Basyari punya kelebihan
ketika pulang dari bepergian lewat sungai sebelah nya yang lagi banjir mbah
Basyari memejamkan mata bertawasul kepada Abah umar tiba-tiba sudah berada
dirumah. kembali mbah Syamsuri beliau adalah guru ilmu tauhid kalangan bawah
(awam) mengajarkan mu’taqad seket (50) kepada masyarakat juga Alqur’an Alif Ba
Ta. beliau juga menerbitkan kitab tauhid karangannya sendiri yang bernama” USHULUDDIN
FI FAHMIL ‘AQAID tidak mengenal usia walaupun sudah tua masih sempat ngaji
kepada satu ulama kudus yaitu MBAH UMAR
Wergu kulon yaitu ngaji kitab Dasuqi ala ummil barohin, belajar tahlil
kepada Habib AQIL Mayong, belajar tarekat sampai menjadi Mursyid Tarekat
khalwatiyah samaniyyah. kata habib Abdullah
alhinduwan, habib hasan mayong juga mbah ma’ruf asnawi kudus bahwa mbah
Syamsuri tarekatnya adalah syathariyyah dari syaikh Muhammad jenamin kuwanyar
mayong. setelah beliau menjadi mursyid tarekat / thoriqoh beliau punya murid
yaitu Habib Ali Mayong bin syihab ketika kemursyidannya akan diturunkan kepada
habib ali, habib ali tidak sanggup. yang kala itu tarekat tersebut termasuk
minoritas sedikit pengikutnya cara pembaiatannya tidak banyak-banyak malah bisa
guru dengan satu murid ditempat sunyi malah ada yang ditengah sawah dan
lain-lain.
11.PERJUANGANNYA
Setelah menetap
di penagon mayong jepara beliau menerapkan taktik perjuangannya sebagai sentral
adalah membangun masjid yang dulunya hanya sebatas seperti langgar kecil lama
kelamaan masyarakat antausias berbondang-bondong pergi kemasjid untuk beribadah
walaupun tidak menutup kemungkinan ada yang sebatas pergi kemasjid untuk tidur
dan langsung pulang. Dengan berkembangnya
zaman masyarakat tambah meningkat imannya rajin sholat dan ibadah
lainnya usai jamaah diadakan ngaji al qur’an sorogan dan tauhid wujud qidam
baqa’ (mu’taqad seket) lebih-lebih kalau masuk bulan ramadlan masjid sangat
ramai untuk mengisi kegiatan islami seperti darusan, tarkhiman, medalin, sholat
tarawih yang pada saat itu di mulai paling awal jam 9 malam bisa jam 10 atau
jam 11 sampai waktu tarkhim karena menunggu mbah yai syamsuri dari
istirahatnya. walaupun begitu para santri atau masyarakat tetap antaosias
menunggunya. Mbah yai senang mauludan terutama maulid alberzanji beliau
meninggalkan maulid kepada murid-murid nya terutama qasidah-qasidah klasik dan
terbang papat yang masih eksis sampai sekarang yang dulu nya di masjid lalu
zaman kepimpinan H. wardoyo dilaksanakan dirumah-rumah sebagai jam’iyyah
muludan malam selanan yang diketuai oleh bapak Abdurrahman sekretaris oleh
Bapak muslih merangkap protokol Bendahara oleh bapak Zubaidi dan diisi santapan
rohani oleh H. wardoyo (fathul qarib). H.zubaidi (riyadhus sholihin) .Bp. ahmad
kuwat (uqudullijain). Bp. fadloli (bulughul marom). Bp. muslih (sullam taufiq).
Dan qori oleh ustadz masykur, sulikan, nur amin, ahmadi, hanif. kegiatan dimulai ba’da isya’ sampai jam 12
atau jam 1 malam. Ini berlangsung sampai tahun 1999 dan facum sebelumnya tahun
1997 sampai 1998 karena terkena imbas panasnya politik dan tahun 2000 maulid
pindah kemasjid tentu ada nuansa politik secara paksa yang di pelopori 4 orang
yang akhirnya taslim atau insaf kecuali satu” Alhamdulillah mauludan masih
berjalan sampai sekarang di masjid pada malam senin. dan di musholla kami nurul
hidayah juga diadakan multi maulid (barzanji, simthut duror, dziba’, Qasidah
Burdah) pada malam kamis yang sebelum ada musholla di adakan dirumah kami untuk
mengikuti zaman maulid sekarang yang serba modern demi merangkul anak-anak
sekarang supaya tetap cinta maulid rasul saw.
Kembali ke sejarah mbah KH. Syamsuri penagon beliau juga
cinta tahlilan, khaul dan melestarikan adat pendahulu yang tidak melanggar
syari’at islam. beliau pernah dimintai datang untuk merestui acara maulid nabi
saw peresmian madrasah diniyyah sabilul huda nalumsari. dan beliau sering
mendatangi buka luwur kangjeng sunan kudus yang juga menepati 10 muharram khaul
nya mbah sayyid thoyyib thohir. mbah syamsuri pun mengadakan khaul yang diawali
acara membuat barokah kembang lamzau yang khasiatnya untuk kekebalan dan
lain-lain. Mbah Syamsuri mengadakan khaul didanai sendiri disamping memang
beliau itu tajir kaya raya beliau juga khawatir kalau dibuat system iuran
masyarakat khawatir kalau shohibul khaul tidak ridlo dan sebaiknya ala kadarnya
saja. beliau kala punya punya mobil yang masa itu orang masih bisa dihitung
jari seperti niti semitokudus, bupati, dan mbah syamsuri sendiri beliau tuan
tanah punya pabrik rokok jambu kletuk dan lain-lain semua untuk perjuangan dan
khidmah kepada para habaib dzurriyyah nabi saw. Perjuangan beliau memang bukan
dari segi harta benda saja yang di keluarkan tapi tenaga fikiran dan sepiritual
yang kala itu butuh banyak kesabaran dan kebijaksanaan seperti para wali songo
menghadapi masyarakat yang prural dalam kejawennya. tidak berhenti itu saja
mbah syamsuri membangun pondokan - pondokan untuk para santri yang ngaji, masa
berkembang orang - orang yang ngaji tambah banyak tidak hanya orang sekitar
akan tetapi dari luar daerah juga banyak bahkan ada yang dari tuban jawa timur (seorang
habib). dari Cirebon (mbah syamsuri keramat) karena ketika sebelum jamaah wudlu
dilihat antri mbah syamsuri Cirebon minta izin kepada mbah yai syamsuri penagon
untuk wudlu pulang ke Cirebon dan sesaat sudah sampai di penagon untuk sholat
berjamaah. semua yang ngaji diberi makan ceritanya setiap hari selasa perlu
diingat apalagi kalau yang datang itu habaib atau syarifah penghormatan nya
pasti istimewa. Banyak para murid daerah seperti kudus (mbah harup) kerjasan
yang sudah jadi karena tamunya banyak khususnya dari kalangan pejabat. seperti
lagi mbah qarnain modin langgar dalem turunan sunan kudus juga sampai sekarang
masih ditemui mbah syamsuri ketika ada masalah-masalah penting. dan banyak lagi
seperti mbah sahil sinanggul mlonggo yamg menjadi saksi sifat kedermawanan nya
dan keramat nya mbah yai Syamsuri penagon.
12.KERAMAT-KERAMAT NYA
Keramat adalah suatu kemuliaan yang
diberikan Allah swt kepada wali-wali Allah seperti mu’jizat yang diberikan
kepada nabi-nabinya. Banyak ayat-ayat al qur’an yang menerangkan tentang
waliyullaha:
ان ولي الله الذي
نزل الكتاب وهو يتولى الصالحين(الاعراف
جزء 9 اية 196) Artinya: sesungguhnya pelindungku adalah
Allah yang menurunkan Al qur’an dan dia melindungi orang-orang yang shaleh.
الا ان اولياء الله
لاخوف عليهم ولاهم يحزنون(يونس جزء 11 اية 65)
Artinya:ingatlah sesungguhnya wali-wali
Allah itu tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak ada rasa sedih.
نحن اولياءكم فى
الحياة الدنيا وفى الاخرة(فصلت جزء 24 اية 31)
Artinya: Kami adalah pelindungmu didunia dan di akhirat.
الولي من يتولى
جميع اوامر الله حتى يتولى الله جميع اموره
Artinya:Wali adalah orang yang bisa menguasai (menjalani) semua perintah-peritah Allah sehingga Allah
menguasai (menuruti) semua urusan-urusannya. Kedua pengertian keramat adalah
sesuatu yang luar biasa(khowariqul adat) yang diberikan Allah kepada wali-wali
atau kekasihnya seperti Allah memberikan mu’jizat kepada nabi-nabinya bedanya
kalau mu’jizat tidak bisa di kasab (diusahani) tapi kalau keramat sebagian
ulama’ ada yang mengatakan bisa diusahani dan ada yang tidak bisa diusahani
seperti yang diterangkan dalam kitab tuhfatul murid syarah jauhar tauhid dan
keramat kalau bisa keluar dengan sendirinya tanpa di sadari wali itu sendiri
dan ada yang memang dikeluarkan sang wali menurut kejadian dan kebutuhan
(muqtadlol hal) tentu semua dengan izin Allah swt. Perlu diingat keluarnya keramat
bukan menjadi tujuan apalagi kebanggaan tujuan beliau adalah mencari Ridlo
Allah swt karena itu para wali sekiranya keramatnya sendiri cepat-cepat
menutupinya karena khawatir terjadinya
fitnah sekaligus menjaga kepada orang awam (mastur). selanjutnya beliau takut
kepada Allah swt akan terjadi apa yang namanya ISTIDROJ (kejadian luar biasa
yang keluar dari kaum fasiq).
وصاحب الكرامة
لايستأنس بها بل يشتد خوفه ان ذلك استدراجا
ِِArtinya: wali itu tidak tidak membanggakan
keramatnya akan tetapi dia sangat khawatir sesungguhya bila itu istidraj (jw:
penglulu). Alhasil wali adalah hamba Allah yang shaleh taat semua perintah
Allah dan Rasulnya melakukan semua kewajiban dan mampu mengaplikasikan secara
total kesunatan -kesunatan secara istiqamah (konsisten). adanya keramat itu
semata-mata fadlol dari Allah swt bila nabi itu ma’shum (terhindar dari dosa)
kalau wali itu mahfudh (terjaga tidak melakukan dosa) Artinya ma’shum ialah:
tidak akan dan tidak mungkin melakukan dosa dan kemakruhan kalaupun pernah
melakukan kemakruhan itu sebatas masyru’ah atau perintah yang lihatkan dan
diberitahukan ummat bahwa itu makruh kalau dilakukan tidak medapat pahala kalau
di tinggalkan mendapat pahala alhasil khusus nabi melakukan kemakruhan seperti
malah mendapat pahala kalau tidak diberi tahukan maka ummat tidak tahu apa itu
makruh. Artinya Mahfudh: terjaga tidak melakukan dosa kalaupun terjadi pasti
tanpa sengaja beliaupun cepat-cepat minta ampun (taubat nashuha) jadi seperti
tidak melakukan dosa karena sudah
terampuni nya. kalaupun ada wali sampai melakukan dosa besar hingga mati itupun
jarang sekali paling sebatas contoh dan menjadi hak prerogative Allah yang
punya sifat jaiz yaitu fi’lu kulli mumkinin autarkuhu. Atau sifat qadrat iradat
Allah yang ta’alluq kepada mumkinat jadi terserah Allah (la yus alu ma yuf’alu
wahum yus alun) seperti kyai Barseso, Bal’an bin Baurroh dan lain sabagainya.
Adapun kewalian
seorang mbah syamsuri sudah masyhur dan diakui khalayak banyak termasuk habib
ali mayong. Diantara keramat-keramat beliau adalah: 1* bisa bertemu mbah sayyid
thohir 2* mbah sayyid menyebut namanya ketika bertemu habib ali mayong. 3* shufi, wara’, zuhud sampai mencapai ma’rifatullah.
4* mursyid tarekat khalwatiyyah samaniyyah dan syathariyyah. 5* Puasa 9 tahun
tanpa makan yang ada nyawanya. 6* memberi makan ratusan santri dengan hanya
satu wakul nasi (seperempat kilo gram beras rojo lele). 7* kaya dan zuhud
seperti imam syadzili ra. 8* ada orang yang selingkuh tiba-tiba kemaluan
istrinya buntet atau tertutup dia bingung karena tidak bisa mengumpuli istrinya
lantas sowan kepada mbah syamsuri padahal mbah syamsuri sudah tahu apa yang
terjadi pada orang itu yaitu berdosa karena selingkuh wanita lain. setelah dia
taubat, lalu mbah syamsuri menyobek sepotong kain bersamaan sobeknya kain, sobeklah
kemaluan istrinya alias sembuh. 9* faqih dan allamah bisa beberapa bahasa
walaupun tanpa sekolah kemana-mana ketika ditanyai hukum terus dijawab beserta
dalil dan kitabnya. 10* Ngerti sebelum winarah (waskitha) ma’rifat dan kasyaf tahu
gerak-gerik habib ali mayong. 11* mengetahui habib ali belum cebok usai buang
air kecil padahal habib ali sebatas pingin tahu keramat mbah syamsuri saja. 12*
Baiat tarekat nya di jabal qabis makkah. 13* Tarekatnya bisa menghalangi
belanda ketika dicari dan digledah di rumahnya padahal mbah syamsuri baru wudlu
di masjid belanda tidak tahu sehingga selamat. 14* bisa melihat penjuru arah
empat yang jauh menjadi dekat ini terjadi ketika mbah kyai ismail (keponakan
dari istrinya) ingin mendapat ilmu seperti mbah syamsuri lalu mbah syamsuri
mengajak ke masjid dan mengambil sorot atau senter kemudian di suruh
menhidupkan dan melihat arah empat tapi mbah isma’il tidak melihat apa-apa. ini
menandakan beliau belum bisa berhasil. mbah syamsuri berkata : kuwe durung
kuwat kuwe tak wenehi sholawat lan lahaula wala quwwata illa billahil aliyyil
adhiim X 100 woco bar sholat ferdlu mengko ono dewe” maksudnya suatu ketika ada
yang seperti mbah syamsuri ilmunya. 15* Diberi tahlil oleh habib aqil mayong
sampai waskitha. 16* ketemu mbah buyutnya (mbah hasan bisri) yang sudah wafat. 17*
Disuruh minum arak tapi disabda menjadi limum. 18* ketika ada orang yang
mencuri kacangnya lalu dilempari krikil batu punggungnya terus sakit membusuk
sampai mati. 19* Ada orang yang mencuri padinya terus mbah syamsuri terus mbah
syamsuri berdoa setelah dilapori orang yang mencuri padinya “ ya Allah mboten
pingin dilapuri” seketika orang itu aboh membesar badannya penuh padi. 20* Ada
orang yang mencuri kelapanya yang masih ada dipohon seketika orang itu
tangannya kaku tidak bisa digerakkan setelah minta maaf baru sembuh. 21* Dulu
saat sore-sorembah syamsuri duduk - duduk diteras masjid pada waktu itu juga
orang-orang sama ngucul ( memandikan kerbau nya kesungai) setiap sampai di
depan masjid biasanya sama turun ada yang tidak turun ketahuan mbah syamsuri
beliau berkata : lho kok ora medun engko yen tutuk kidul lheh tibo” tiba-tiba
orang itu jatuh beneran. 22* Pergi haji pernah menaiki bluluk (buah kelapa yang
tanpa isi). 23* Pernah dua kali foto mbah syamsuri di afdruk orang lain tidak
bisa. 24* membuat air bunga lamzau yang harum setiap 10 muharram siapa yang
minum maka badannya bisa kebal dari benda tajam. 25 * ketika mbah syamsuri
ngaji kitab dasuqi ala ummil barohin kepada mbah kyai umar wergu kulon kudus
(keturunan padurenan), sebelum mbah syamsuri datang mbah kyai memulai ngajinya akan tetapi tidak
bisa membaca kitab nya entah kenapa tiba-tiba mbah syamsuri datang mbah umar
berkata : iki opo sing marahi ora teko-teko” sesampainya mbah syamsuri datang
barulah mbah umar bisa meneruskan bacaannya. 26* Guru ngaji kitab hikam ibnu
athaillah assakandary,antara lain muridnya adalah mbah kyai haji basyari
penggung balekambang gemiring lor seorang tokoh sufi penganut syahadatain ABAH
UMAR BIN ISMA’IL BIN YAHYA PANGURAGAN CIREBON beliau pernah mengatakan mbah
syamsuri ketika berjalan ditengah hujan anehnya tidak kehujanan dengan
menggenggam jari jempolnya. 27 * Sebagai muallif kitab ushuluddin fi fahmil
aqaid. 28 * Terjadi angin besar saat di talqin oleh mbah kholil gemiring kidul sehingga
mengurungkan niat untuk tidak menaqilnya terus mbah SHOLEH GLEGET MAYONG
menceletus omongan” wong cah cilik marahi wong tuwo” terjadilah adu mulut kecil
memang mbah sholeh benar Cuma mbah kholil merasa di ingatkan tidak pada
tempatnya sehingga ada rasa malu dihadapan para pentakziyah yang waktu itu
banyak dihadiri ulama’ kudus, tiba-tiba habib ali mayong datang melerahi
pertengkaran tersebut dengan berkata : wong tuwo-towo kok podo tukaran gowo
rene tak talqine” kemudian akhirnya ditalqin habib ali mayong. 29* Berkah
Ijazah sholawat dan lachaula wala quwwata illa billahil aliyyil adhim, ketika
di baca mbah kyai ismail diwaktu ada gencatan senjata belanda di kudus mbah
ismail selamat. 30* mempunyai gelar “ wali ngisor gunung thorenggo”. 31* Diangkat
sebagai KYAI oleh mbah sayyid thoyyib thohir padahal mbah sayyid di alam
barzakh. 32* Mbah qornain langgar dalem kudus mantan pejuang 45 juga sebagai
modin dan masih keturunan sunan kudus pernah nyantri kepada mbah syamsuri, sampai
sekarang kalau ada masalah mbah syamsuri masih mendatangi nya. 33*
Salamnya mbah syamsuri sampai kepada
mbah fuadi (seorang wali sepuh asal jumutan kudus) padahal mbah fuadi lama
sudah meninggal makamnya di krapyak kudus dibawah pohon pace (mengkudu) sebelah
barat tanya tukang kubur” ceritanya kh. Choiruzzad : ketika itu habib Muhammad
baaqil kudus akan menunaikan haji beliau silaturrahim kepada mbah syamsuri
untuk minta doa malah mbah syamsuri titip salam kepada habib Muhammad untuk
mbah fuadi dengan berkata: Ndoro kulo titip salam kagem mbah fuadi piyambake
manggen ing lawang mekkah tandane mbeto sandal teklek. satelah sampai di pintu
makkah benar ketemu mbah fuadi persis dengan ciri-ciri yang disampaikan anehnya
mbah fuadi menjawab salam titipan lebih dahulu sebelum disampaikannya. ” walaikumussalam sampeyan entuk
titipan salam mbah syamsuri kanggo aku ra”. 34* Mbah syamsuri berhasil mendidik murid-muridnya
hingga berhasil dengan beberapa cara (methode) walaupun kelihatannya pelajarannya
rendah malah terkadang pelajarannya kelihatannya tidak ngaji padahal melebihi
ngaji karena dasar pokok semua ngaji yaitu ngajar alif ba’ ta’ jabar jir wujud
qidam pijetan atau edak-edakan. dengan pijetan memijat mbah syamsuri inilah
yang dimaksud ngaji diatas ngaji sebab kulit si murid bisa menempel langsung
melihat langsung sedekat-dekatnya dengan sang guru (mursyid). 35* sifat
zuhudnya sampai mobil jip nya di kubur diselatan masjid waktu itu yang punya
mobil hanya mbah syamsuri, rokok delima, rokok jambu kletuk, bupati dan niti
semito. 36* masjid mbah syamsuri yang kelihatannya keciltetapi muat tidak
kurang dari 500 santri tiap hari ada yang ngaji terutama hari senin dan kamis.
37* Ada orang yang sakit budek (tuli) ditiup telinganya oleh mbah syamsuri langsung
sembuh gara-gara dia mengganggu istri orang lain. 38* Ada orang minta obat
disuruh mengambil degan hijau yang pohonnya doyong kebarat utara (barat laut)
dan kembang kuburan menjadi isyarat yang di mintakan obat akan meninggal dan
benar mereka meninggal dunia. 39* Wafatnya mbah syamsuri di ta’ziyahi lautan
manusia terutama para kyai ulama’ dan habaib sekitar tahun 1956 m. 40* mbah
syamsuri kalau mengobati pasien dengan membaca syahadat. 41* Beliau berkata :
kalau ingin hidup bahagia memperbanyak lah sujud syukur sebelum shubuh dengan
niat a. terima kasih atas ni’mat. b. minta ampun atas segala dosa. c. minta
hajat nya di Kabul kan Allah swt. 42* Wasiat mbah syamsuri kalau kita ingin
cepat naik haji maka kita harus senang membantu orang-orang yang berangkat haji
(rewang-rewang). Kalau kita pingin punya anak timanglah anak orang dalam hati
minta Allah supaya cepat di beri keturunan. Dan lain-lain. 43* mbah qarnain
berkata : Aku naliko haji numpak kapal mlebu ora mbayar ono kang nyegat nakoni
tapi selamet sebab dituntun mbah syamsuri (khodam). 44* Cincin mbah syamsuri
ketika ditaruh di blumbang belakang masjid seketika air blumbang menjadi merah
semua. 45* Cincin mbah syamsuri keluar dari makam nya di posisi atas utara
nisannya. 46* Pakaian mbah syamsuri adalah serban jubah putih (pakaian para
mursyid). 47* Foto mbah syamsuri di tempelkan dinding dan lain nya tanpa di
restui maka akan jatuh konon dulu kalau di foto tidak bisa kalau pun bisa hanya
sebatas foto persyaratan administrasi haji. 48* Orang jepara (dung cino) ketika
akan membangun masjid sowan ken bah syamsuri sekaligus akan ziarah ke sunan
muria setelah sampai ke mbah syamsuri mereka di beri pesan supaya tiyang-tiyang
masjid nanti di tutup atas dan bawah nya dan kamu ke muria nanti akan bisa cepat.
terjadilah masjid itu dan orang-orang yang lewat berkata“ masjid wali iku” itu
masjid wali. Dan mereka sampai ke muria dengan waktu yang sangat singkat
(thoyyul ardl). 49* Mbah syamsuri bisa masuk kedalam pohon seperti nabi
zakariyya. 50* Menurut naskah kyai minhaj jebol bahwa mbah syamsuri adalah
keturunan kyai nur hadi (sunan pupusan pati) sampai raden fatah dari jalur
sultan trenggono demak.
13.
MAKAM&PEMAKAMANNYA
Makam mbah syamsuri bertempat di sebelah
selatan mbah sayyid thoyyib thohir beliau wafat menurut mbah karni (mantan
istri beliau) adalah hari kamis wage sore malam jumu’ah kliwon 12 ba’da mulud
1376 / 15 nofember 1956. Banyak pelayat dan penta’ziayah yang mengikuti acara
meninggalnya tokoh ulama’ dan waliyullah itu “ inna lillahi wainna ilaihi
rajiun“ beliau tidak meninggalkan keturunan hanya meninggalkan murid – murid
dan orang – orang yang mencintainya kita semua merasa sangat kehilangan seorang
tokoh yang menjadi tonggak kebesaran, naungan dan perlindungan dikala nestapa
kita patut bersedih matinya agama matinya ilmu hilangnya ilmu adalah wafatnya
ulama’ Rasulullah saw bersabda : من لم يحزن بموت
العالم فهو منافق Barang siapa tidak merasa susah atas
meninggalnya orang alim maka dia adalah munafiq . Kita tidak tahu bagaimana
kehidupan setelah di tinggal beliau apakah semakin baik atau sebaliknya. Kapan
dan akankah mbah syamsuri mbah syamsuri
muncul lagi ditengah – tengah kita kewajiban kita yang di tinggal dan yang
merasa cinta kepada beliau adalah menjaga dan melestarikan kesenangan kebiasaan
peninggalan beliau dan lain sebagainya.
Seperti kata maqalah : المحافظة على القديم الصالح والاخذ بالجديد الاصلح
Artinya : Melestarikan
amalan baik yang dilakukan ulama’ pendahulu dan mengambil yang baru yang lebih baik. Kita haturkan hadiah fatehah kepada beliau
dengan niat tabarrukan wa ta’dhiman serta ikraman semoga beliau de tempat kan
di dalam ridlo Allah setinggi-tinggi nya yaitu di dalam surganya Amin (Alfatihah……)
dan semoga kita keturunan kita keluarga kita
pecinta- pecinta mbah syamsuri
semua diberi berkah Allah lewat
asrornya berkahnya nurnya ilmunya dan keramatnya dunia sampai akhirat amin ya
rabbal alamin. Dalam acara pemakaman di hadliri para kyai masyayikh dan habaib.
Ada kejadian yang sangat unik yaitu ketika mbah syamsuri sudah dimakamkan
tibalah waktu talqin awalnya yang menalqin adalah mbah kholil gemiring kidul
tiba-tiba ada sindiran ringan dari mbah sholeh gleget mayong dengan berkata :
wong cah cilik kok marahi wong tuwo“ seketika suasana menjadi hangat mbah
kholil yang tingkatannya kyai malah ada yang mengatakan wali mendengarnya terus
sedikit emosi merasa malu di ingatkan di depan orang banyak walaupun perkataan
mbah sholeh itu tidak salah cuman kurang pas saja penempatan nya. waktu itu
sebelum terjadi perselisihan dan perdebatan kecil, orang-orang sama tercengang
hebat tiba - tiba ada angin besar sehingga kitab talqin mbah kholil sampai
bertebaran. Tibalah habib Ali mayong yang melerahi mendamaikan perselisihan
tersebut dengan berkata : Wong kyai - kyai kok koyo cah cilik gowo rene tak
talqine “ dan penalqin di alihkan kepada Habib Ali mayong . Selanjutnya di
sebelah barat mbah syamsuri ada makam menurut mbah syarbini itu adalah makam
Muhammad rais ayah mbah syamsuri sendiri dalam satu cungkup dan yang mencungkup
nya adalah mbah kardi ada yang mengatakan mbah kyai yusak bersama masyarakat. pembangunan
cungkup pertama sekitar tahun kejayaan mbah syamsuri karena menurut tokoh masyarakat bahwa cungkup sudah
ada sejak mbah syamsuri . rehaban pertama pada hari selasa pon 17 - 9 -1991 .
Rehaban kedua pada tahun 2008 oleh bapak siroj .
14.MAKAM BERNISAN BESAR
Makam besar bernisan karang itu ada 12 empat didalam
lingkaran bata merah. Empat berada di selatan lingkaran bata merah. Satu berada
di pojok selatan (barat daya) lingkaran. Satu lagi berada disebelah barat mbah
syamsuri dan dua di sebelah timur canggah singowijoyo. Semuanya belum diketahui
siapa shahibul maqam konon yang ada di dalam lingkaran adalah keluarganya mbah
mantra atau sekarang mbah muji bin kastowijoyo wallahu a’lam. Makam bercungkup
ada 2. 1-makam mbah sayyid thoyyib thohir. 2-makam mbah kyai syamsuri dan ayah
nya. Makam bernisan karang kecil ada 4. Dua keluarga mbah midi dan dua keluarga
mbah idris.
15.RANDU
ALAS KROPAK & PINTU MASUK
Randu alas adalah pohon yang hidup entah berapa ratus tahun
hidupnya dua pohon yang besar diapit anaknya yang kecil yang tumbuh indah di
kanan kiri pintu masuk makam jalan yang utara. Pohon itu sebagai lambang
kebesaran dua tokoh besar yang kuat , rindang melindungi bawahan patok-patok
kecil , pohon sebagai hunian burung-burung manyar serta singgahan burung-burung
besar perkutut , derkuku , gagak , platuk bawang dan lain-lain. Sungguh indah
dan mengasyikkan suasana yang sejuk di terpa angin sepoi – sepoi (semilir).
Pohon yang mengingatkan kita akan kematian meangingatkan desa kita tempat
kembali kepada sang khaliq bila kita di tempat yang jauh kita tetap bisa
melihat lambang desa kita itu (pohon randu alas) dengan jelas. Ditambah lagi
dengan pohon kropak (siwalan) yangindah
apa lagi kalau diterpa angin dengan batang yang tinggi semampai. Akhir – akhir masa
pohon kropak di sambar petir suatu hari randu alas selatan disambar petir suatu
hari randu alas itu tumbang memporak – porandakan bagian pagar lingkar bata
merah dan beberapa patok kuburan yang ada di sekitarnya tumbang nya kearah
timur laut samping mbah sayyid thoyyib thohir usai tumbang pohon itu di
tinggalkan tidak di urusi begitu lama lambang isyarat ini ada pertanda apa ?
penduduk yang menyaksikan pasti mengerti jawaban nya. masa terus berlanjut
selang beberapa waktu tiba – tiba sebagian masyarakat merasa membutuhkan nya
tidak hanya yang tumbang yang di ambil tapi semua randu alas yang lain juga di
ambil di babat habis. Kita mengambil tapi kita tidak terbayang untuk menanam.
Kita memanfaatkan tapi kita tidak ingat anak cucu kita untuk menghayati dan
mempelajari peninggalan leluhur kita. Kita kehilangan pamor suci penggugah hati
dikala sunyi peredam jiwa dikala nelangsa perekat bathin dikala terpana
mengharap sentuhan dan tetesan embun kasih yang maha kuasa Allah swt. وضرب لنا مثلا ونسي
خلقه قال من يحيى العظام وهي رميم قل يحييها الذي انشأها اول مرة وهو بكل شيء عليم
(يس) Artinya : Dan dia membuat perumpamaan bagi
kami dan dia lupa kepada kejadian nya ia berkata : siapakah yang dapat
menghidupkan tulang belulang yang telah hancur luluh, katakanlah ia akan
dihidupkan oleh Allah yang menciptakan pertama dia maha mengetahui segala
mahluk.
Pintu makam berdiri
pada hari senin kliwon 5 sya’ban 1393 / 3 september 1973. Adapun beteng pagar
pintu masuk makam itu mempunyai filosofi penting para leluhur kita sudak
membuktikan secara fakta dan realita bahwa ketekunan keuletan dan ketelitian
nya sangat luar biasa di banding kita . kita tahu beberapa candi di jawa gapura
masjid atau pintu maasuk makam para wali garapannya sangat bagus dan halus
profilnya indah sekali. Dan tidak kalah penting nya lagi kenapa Rasulullah saw
setiap kali masuk pintu supaya berdo’a baik rumah , toilet, akan makan dan lain
sebagainya dengan do’a yang berbeda – beda. Senua perintah Rasul baik yang
wajib maupun yang sunnah pasti mengandung hikmah dan rahasia. Kalau kita ingkar
juga juga pasti akan mendapat akibat nya . maka dari itu inilah rahasianya
makam atau kuburan di balik perintah Rasulullah saw yang terdapat pada
pintu-pintu makam dengan mengucapkan salam : السلام عليكم يادار
قوم مؤمنين واناانشاءالله بكم لاحقون Alkisah, Wali songo semua adalah berpredikat
qutub (poros) artinya menjadi naungan oleh kaum dari segala penjuru. Dari wali
songo sendiri ada porosnya poros (
quthbul aqthob ) atau yang di
anggap sebagai ketua atau rajanya sebenarnya yag menjadi quthbul aqthob wali
songo adalah MAULANA SYARIF HIAYATULLAH (SUNAN GUNUNG JATI
) akan tetapi beliau merasa ada yang lebih tua yang menjadi
ketua yaitu raden Rahmatullah (
sunan Ampel ) kemudian
mandate yang di amanatkan para wali songo kepada sanan gunung jati diserahkan
kepada sunan ampel sampai wafatnya kemudian sunan gunung jati baru menerima
mandat semula menjadi quthbul aqthob. Sunan Gunung Jati pernqh menyuguhkan
Syahadat manunggal dari gurunya yaitu Syaikh DZATUL KAHFI dari RASULULLAH SAW kepada para wali songo dan di ikuti para
bangsa halus ( jin
). Setelah para wali songo meninggal dunia para jin berjanji
akan menjaga gerbang atau pintu para wali tersebut sebagai khadam yang
menghantarkan penziarah kehadapan para wali tersebut dengan cara mengucap salam
dan membaca “ SYAHADAT MANUNGGAL “ itupun kalau mereka punya syahadat
lebih-lebih syahadat dari sunan gunung jati yaitu : اشهد ان لااله الاالله واشهد ان محمدا رسول الله اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه
وسلَّمْ*2 وسلِّمْ
16.TOKOH
& PENGIKUTNYA
Tokoh adalah orang yang bisa mengemban
masyarakat dengan segala kebijaksanaan dan cinta kasih sehingga terpancar pada
diri orang tersebut mungkin dari ilmunya atau keturunannya terlebih dari
akhlaqul karimahnya menjadi suri tauladan (uswatun hasanah) bagi semuanya
jadilah orang tersebut disegani bukan ditakuti dengan kata lain mempunyai jiwa
kharismatik (haibah atau kewibawaan) Allah berfirman: لقد كان لكم في رسول الله اسوة حسنة لمن كان يرجو الله واليوم الاخر وذكر
الله كثيرا Artinya : Sungguh telah ada bagi kamu semua
utusan Allah yang menjadi suri tauladan bagi orang-orang yag mengharap kan
Ridlo Allah dan percaya hari akhir dan selalu mengingat kepada Allah. (Al
ahzab) Pengikut dan pecinta ada dua kalimat yang hubungannya sangat erat satu
qadliyah yang tidak bisa dipisahkan namun namanya manusia terkadang kurang
faham dan menjadi salah faham karena tidak mau mencari kefahaman tersebut
dengan memahami Ayat: قل ان كنتم تحبون الله
فاتبعوني يحببكم الله ويغفر لكم ذنوبكم Artinya : katakanlah (nabi Muhammad) jikalau
kamu semua cinta kepada Allah maka Allah akan cinta kepada kamu semua dan
memberi ampun dosa-dosamu. Maka dari itu kekurang fahaman menghayati ayat ini
seseorang gampang memisah tanpa mengaplikasikan sehingga tidak bisa saja
berjalan secara sinkron dan bersinergis. Contohnya gampang kalau mengaku cinta
kepada Allah tapi tidak mau sholat atau mau sholat tapi tidak ada rasa cinta
sehingga melakukan dengan keadaan terpaksa maka tidak ada atsar di dalamnya.
Contoh lagi mengaku cinta kepada Rasulullah Allah tapi tidak mau mengikuti
sunnahnya baik ucapannya perbuatannya dan taqrirohnya atau lagi sering
mendatangi maulid tetapi gampang menghina orang yang di cintai rasul (ulama’
para wali dan keturunannya nabi) . Contoh lagi mengaku cinta Allah tanpa cinta
Rasulullah atau cinta Rasulullah tapi mengesampingkan Allah (muludan terus ora
tau sholat) atau sebaliknya (jamaah sregep muludan geting) Padahal kita tahu tanpa Rasulullah kita tidak
kenal Allah misalnya mengucapkan apa-apa sing penting Allah aturan syariat
diterjang semua anggapannya semua Allah sholat ditinggalkan mereka merasa
hatinya sudah sholat di makkah terus bilanh kepada orang lain bahwa dia sudah sholat
di makkah dalam jangkauan satu dua langkah sampai makkah. Pengakuan orang
akhi-akhir zaman ini semakin merebak dan malah kelihatan nya mempesona (menipu)
anehnya sama - sama mengikuti . mereka tidak puasa secara syariat kalau ditanya
kenapa tidak puasa? Mereka menjawab yang penting hatinya puasa kan tidak perut
saja yang pentig tidak mengganggu dan merugika orang lain, sebaliknya katanya
puasa tapi malah ma’siat yang tak ada henti-hentinya. Jawaban ini menggiurkan
apalagi ditambah ucapan sholatmu puasamu sudah di tanggung oleh sang guru maka
tidak usah melakukannya tidak apa-apa pasti masuk surga. Dan sekarang ini
banyak aliran-aliran seperti itu. Ini semua mereka tidak faham agama islam
secara benar dan keseluruhan. Contoh kecintaan kepada Allah dan Rasulnya harus
bersamaan tanpa mengesampingkan salah satu seperti anak mencintai dan
menghormati orang tua serta merta harus menghormati kakek alasannya kita ada
karena ada orang tua kita kenal kakek karena dikenalkan orang tua dan kita punya orang tua tanpa adanya
kakek pasti mustahil terlahir didunia karena itu keduanya sama-sama kita
hormati dan kita cintai (semoga faham) contoh terakhir : kita semua pasti tahu
kita bisa kenal dan cinta kepada mbah SAYYID THOYYIB THOHIR siapa yang
mengenalkan ? tanpa menafikan dan memungkiri sejarah yang menuntun kita adalah
mbah KH . SYAMSURI jadi kalau kita merasa cinta kepada mbah sayyid maka
cintailah mbah symsuri tanpa paksaan kalau tidak mau berarti cinta fiktif
(bohong) . Kalau kita ziarah kemakam mbah sayyid tidak mau ( ingkar ) ziarah ke
makam mbah syamsuri maka juga bohong
bagaikan pergi haji ke makkah tidak mau ziarah Rasulullah SAW . Atau sebaliknya
mau ziarah ke mbah syamsuri tidak mau ziarah ke mbah sayyid ini juga su’ul adab
atau tidak tau sopan santun padahal semasa hidupnya mbah syamsuri sangat
menghormati semua Dzurriyyatir Rasul saw. Sebagai wasilahnya : ال النبي ذريعتي وهم اليه وسيلتي * ارجو بهم اعطى غدا بيد اليميني صحيفتي *
اهل بيت المصطفى الطهر هم امان الارض فادكر * شبهوا بالانجم الزهر مثل ما قد جاء
فى السنن Artinya : Keluarga nabi adalah perantaraku
merakalah yang menjadi wasilahku ku mengharap kelak di hari akhir nanti
mendapat buku catatan dengan tangan kanan ( selamat ) sebab mereka.keluarga
nabi saw yang suci mereka penyelamat bumi ingatlah mereka bagaikan
bintang-bintang yang bersinar terang bagaikan sesuatu yang datang dalam
sunnah-sunahnya . Adapun tokah-tokoh
para pecinta dan pengikut mbah sayyid dan mbah syamsuri sebenarnya banyak
tetapi disini kami hanya menyebutkan sebagian yang kami kenal secara langsung
dan diakui masyarakat sebagai sesepuh pinisepuh (kyai atau ulama’) pertama
adalah mbah syarbini nama lengkap
Muhammad syarbini nama lain adalah Muhammad masyhudi , Muhammad sulaiman akhir
- akhir di tambahi dengan AMIN beliau terlahir dari orang tuanya yaitu mbah
kertosono pahing suami dari mbah nyai sapon Di penagon sebelah barat masjid
pada hari jumuah pahing 14 R . awal 1337 H.
atau 14 mulud 1849 ( wau ) bertepatan 17 januari 1919 m. menurut
masyarakat setempat yang seumur beliau beliau mulai kecil adalah anak yang
tekun beribadah dan mengaji suaranya bagus kalau melantunkan lagu-lagu banyak
perempuan terkesima mendengarkan nya beliau juga gigih dalam bekerja tanpa
mengenal lelah kegemaran mengaji diteruskan hingga dewasa beliau pernah sekolah
di baletengahan langgar dalem sekarang yang dinamakan TBS beliau pernah menjadi
bilal mbah ARWANI di masjid KENEPAN kudus dan juga pernah menikah seorang putri
depan masjid kenepan beliau pernah mengaji kitab arriyadlul badi’ah kepada mbah
MA’MUN AHMAD dan pernah nyantri kepada mbah JAYADI BUNGGORO bae kudus dan
pernah mondok di tempat mbah BISRI MUSTHOFA rembang dan menjadi murid mbah NUR
HADI kudus yang terkenal kedigjayaannya dan dirumah menjadi murid kinasih MBAH
SYAMSURI PENAGON merangkap bilal dan marbutnya. Beliau ngaji sama mbah syamsuri
kitab ALFIYYAH , MAJMU’ SYARI’AH
karangan kyai soleh darat. Setelah dewasa beliau menikah dengan SUKINI BINTI
BAKRI BIN SONGOWOJOYO janda dari syarbini ngablak karangnongko. beliau sebelumnya pernah menikah dengan SUMARNI
ngrenteng mendapat putra satu (selamet tapi meniggal) perkawinannya dengan
sukini mendapatkan beberapa putra yaitu Abdurrahman , abdurrahim ( wafat kecil
) tumirah ( wafat ) , rumini (wafat). Dan menikah dengan sulastri mendapatkan
dua anak (Rusman dan Kasmah). Setelah perjalanan yang panjang beliau tetap
tekun dalam beribadah beliau disamping mengerjakan sholat fardlu juga semua
sholat sunnah yang di syari’atkan beliau jalani dan ilmu kanuraganpun di lalap
semua sampai doa-doanya hafal semua setiap hari membaca Al qur’an satu pekan
sekali khatam setiap malam bangun sholat tahajjud jam 02.00 sampai shubuh. ini
dilakukan sampai akhir hayatnya kitab-kitabnya ditaruh disamping tempat
tidurnya untuk mempermudah dalam mengambilnya sekitar tahun 1987 di angkat
menjadi KHOTIB berkhotbah dimasjid penagon rutin jumu’ah wage sampai tahun 1998
karena udzur dan malam sabtu kliwonnya ngaji kitab tafsir di masjid bersama
masyarakat. Peninggalan kitab dan pesan-pesan beliau banyak tapi yang masih
adalah : 1-Tafsir alibriz 2-fathul qarib 3- majmu’ syari’ah 4-majmu’ syarif
5-munyatur murtaji 6-nurudduja 7-tashilurrafiq 8-lubabul ma’ni 9-kumpulan kitab
hikmah1 10-kumpulan kitab hikmah2 11- Alfiyyah ibnu malik 12-sullam taufiq
13-Arriyadlul badi’ah 14-ta’limul mutaallim 15-Al umrithi. Itulah bagian dari
pada kitab beliau dan pesan beliau yang sering disampaikan kepada keluarga dan
orang lain adalah supaya mendawamkan (konsisten) sholat tahajjud dan baca al
qur’an serta menjadi orang yang sabar biar luhur wekasane (mulia di hadapan
Allah dan semua orang) . Demikian riwayat singkat tokoh pecinta dua wali Allah
yang sudah mengabdika diri kepada sang wali dan masyarakat yang tak kenal lelah
bermunajah mencari siraman berkah ridlo dan ampunan dari Allah swt serta
syafa’at rasulullah saw. Akhirnya mendekati waktu wafatnya beliau sakit
kira-kira satu bulan beliau masih tetap sholat pada hari selasa pon sudah udzur
sholat tapi hari rabonya sudah bisa sholat lagi dan tepatnya hari kamis kliwon
8 MUHARRAM 1426 H. 17 FEBRUARI 2005 jam 09.00 pagi beliau telah sowan
kehadlirat ilahi Allah swt. Menurut cucunya yang mendapingi ketika istikhdlor
atau naza’ beliau di liputi bau harum yang mengharumkan semua ruangan.
sepeninggalnya bau harum itu wafatlah beliau (mbah yai syarbini bin M.
kertosono) semoga semua amal baik nya di
terima Allah dan segala dosa nya diampuni nya
dan ditempat kan disisi nya yaitu surga nya Amin. Tokoh kedua adalah
mbah kyai isma’il bin umar mbah isma’il walaupun tidak ada sambung darah dari
mbah syamsuri tapi beliau kerabat atau keponakan dari istri pertamanya mbah
syamsuri jelasnya isma’il bin sumi, sumi adiknya mbah mur dan mbah mur
diperistri mbah syamsuri jadi mulai kecil mbah isma’il sudah dekat dengan mbah
syamsuri mbah isma’il memang mengalami tamat sekolah dan ngaji mondok di kudus
tepatnya di pondok kamal damaran keturunan sunan kudus karena beliau piawai
dalam pembacaan kitab kuning seperti sullam taufiq safinatunnajah yang di
ajarkan di rumah nya setelah ngaji al qur’an bersama santri-santrinya dan kitab
syu’bul iman di masjid beliau terkenal kesepuhannya dalam segala hal seperti
kitabnya al qur’an nya tabibnya pijat dengan minyak gorengnya ahli dalam
hitungan jawa ahli pusaka barang antik sembur dan lain-lainnya beliau adalah
petani yang tekun setiap hari kesawah tanpa melalaikan tugas rumah tangganya
dan menjalankan perintah Allah swt. Sepeninggalnya mbah kyai syamsuri
kepemimpinan menjadi facum tibalah pemilihan kyai yang diikuti dua kandidat
yaitu mbah isma’il atas dorongan masyarakat
dan mbah yusak atas inisiatif mbah kamituwo kardi dan mbah muhdlor orang
dari karang aji istri Fatimah dan yang menjadi adalah mbah isma’il yang
dianggap masih keponakan mbah syamsuri. Tapi tidak lama mbah isma’il
mengundurkan diri setelah dirundung sakit dan kenyataan setelah mengundurkan
diri beliau sehat semua itu tidak lepas dari opini-opini masyarakat yang sudah
terlanjur menjadi kepercayaan sebelumnya bahwa kalau yang memimpin asli orang
penagon maka tidak kuat mengembannya walaupun itu tidak semua benar menurut
kami bisa kuat kalau mau mendekat dengan shohibul wilayah yaitu mbah sayyid
thoyyib thohir dan mbah syamsuri. Setelah itu jadilah mbah kyai yusak yang
meneruskannya. Mbah isma’il adalah pengikut syahadatain abah umar Cirebon lewat
habib ali mayong setelah itu ikut tharekat Naqsyabandiyah kholidiyyah mbah
Arwani Kudus sampai khatam setelah itu kenal dengan para khadam tharekat
seperti KH. Maulani, KH. Mansur, sampai pernah disuruh memijat dan diberi rida’
oleh KH. Mansur. Mbah isma’il adalah seorang yang sangat hormat kepada yang
lebih tua apalagi yang berpredikat ulama’ terutama ulama’ kudus dan saying
kepada yang lebih muda atau kecil pernah satu acara buka gedek (mantu) beliau
yang mimpin acara do’a nya disuruh yang lebih muda itulah akhlaknya yang jarang
ditemukan masa sekarang. Mbah isma’il adalah satu masa dengan mbah syarbini
lebih muda sedikit dan satu angkatan menjadi khotib di masjid penagon. Beliau
aktif jama’ah shubuh dan pendukung atas peringatan khaul pertama yang di adakan
pemuda penagon pada tahun 1993 M. karena memang beliau dulunya yang
memperingati khaul tapi secara sederhana beliau punya murid kesayangan dua
yaitu Abdurrahman dan Wardoyo samasa hidupnya sering disanjungnya. Kami pernah
diberi rida’ buatannya sendiri yang sekarang masih ada. Pernah jariyah meja
kecil di masjid yang buat ngaji sekarang pernah jariah kipas angin di musholla Nurul
Hidayah Penagon sekarang masih ada. Kalau mustoko musholla adalah dari mbah
syarbini dan masih banyak amal beliau yang lain inilah sekilas riwayat tokoh
sesepuh kita yang perlu kita ikuti prilaku dan mauidhoh hasanahnya akhirnya
beliau mengalami sakit sangat berat yaitu struke dari penyakit darah tingginya yang
di derita. Pada hari KAMIS PON 27 shafar 1420 H/1 juni 2000 m. beliau telah
sowan kehadlirat Allah swt meninggalka kita semua pesan beliau yang masih kami
ingat adalah A. apik apike wong yoiku wong nom kang lakune koyo wong tuwo,ojo
dadi wong tuwo polahe koyo wong nom B. merakko marang ulama’ mongko bakal selamet. C. Aku dipesen mbah
syamsuri podo ngamalake moco sholawat lan lakhaula….x100 bar shalat mengko ono
dewe maksudnya ada rahasia dibalik itu nantinya aka terjadi. Yang tau rahasia
itu adalah mbah SYAMSURI sendiri semoga amal kebaikan mbah isma’il diterima
disisi Allah swt dan kekhilafannya diampuninya amin x 3. Tokoh yang ketiga
adalah MBAH KH. YUSAK bin kyai basran beliau asli orang desa ngetuk yang
awalnya menjadi santri mbah kyai syamsuri dan khidmah menggembala kambingnya.
Perlu diingat bahwa nabi Muhammad saw pernah menggembala kambing dan biasanya
mereka-mereka penggembala kambing nanti akan menjadi pemimpin sangatlah pas dan
telaten memimpin rakyat masyarakatnya. Usianya pun bertambah wajah beliau
lumayan tanpan ngajinya pinter sepeninggal mbah kyai syamsuri pada suatu beliau
ru’yah atau mimpi bertemu mbah syamsuri, mbah syamsuri menyuruh memakai pakaian
bekasnya dan ini ditafsiri beliau menjadi isyarat untuk memperistri janda mbah
syamsuri yaitu mak nyai (nyai karni) ternyata benar mbah karni diperistri mbah
yusak tapi tidak punya anak dan mbah yusak meneruskan tampuk kepemimpinannya
sebagai kyai masjid dan kyai masyarakat . Aktifitas beliau adalah pedagang
hewan hewan sapi kerbau dan bertani dalam keluarga yang kecukupan dulu akan
berangkat haji tapi hartanya dicuri orang
baru sekitar tahun 1997 beliau bisa menunaikan haji. Dalam aktifitas
keagamaan sangatlah padat sebagai imam tunggal rawatib dan pernah di damping
bapak haji wardoyo untuk mengurus masjid kurang lebih selama 32 tahun beliau
setiap ba’dal maghrib mengajar al qur’an dan setiap tengah malam melakukan
sholat tahajjud setiap malam sabtu dan pengajian ramadlan mengajar kitab
adzkiya’ dan diteruskan kitab Durrotun Nasihin sampai akhir hayatnya.Beliau
mempunyai jiwa social tinggi kalau ada orang punya hajat mantu beliau pasti
datang nyumbang kalau ada orang sakit beliau bezuk tak terkecuali kami ketika
masih ngaji kepada beliau sekitar umur 10 tahun kelas lima SD kami sakit tipus
lama sekali dan beliau bezuk. Setelah itu beliau kena sakit setroke hingga
wafat. Pernah beliau berpesan ketika kami khatam al qur’an “supaya tetap
belajar terutama ilmu fiqih dan jadilah orang sabar dan nrimo”. Semoga amal
beliau diterima olah Allah swt dan kekhilafannya diampuni dan ditempatkan
disurganya Amin. Tokoh yang ke empat adalah Mbah kyai tamziz (modin) Menurut
salah satu putra beliau, beliau dari ngetuk keturunan dari desa bunggoro bae
kudus .konon menjadi modin di penagon tidak sembarang orang karena belum tentu
kuat beliau hampir dimakan macannya mbah syamsuri tapi perlu diketahui bahwa
mbah tamziz itu keturunan bunggoro menurut salah satu putranya masih ada
keturunan darah biru daari mataram alhasil beliau bisa menjadi MODIN di penagon.
Beliau juga menjadi khotib dan mengajar kitab taqrib pada malam sabtunya tidak
lama karena beliau sudah udzur dan mengundurkan diri dari khutbahnya. Beliau
mengurusi masjid sebelum mbah kyai yusak dan pernah menjadi kyai dan itupun
tidak lama, beliau sering menjadi pemimpin do’a di masjid, khajatan, selamatan
terlebih dalam acara khaul mbah sayyid thoyyib thohir dan mbah syamsuri. Beliau
alim dalam kitab kuning satu angkatan murid bersama mbah syarbini mondok di
bunggoro mbah JAYADI dan akhirnya beliau tetap melayani masyarakat menjadi
modin sampai akhir hayatnya kami tidak sempat banyak ketemu dengan beliau
karena itu kami tidak punya banyak pesan dari beliau tapi ada satu kesan yang
unik dari beliau yaitu beliau adalah salah satu orang yang punya montor 75
merah pada suatu hari kami masih kecil sekitar umur belasan sempat mencoba
menaiki montor tersebut tiba-tiba kami bisa mengedarainya dari itu awalnya kami
bisa menaiki sepeda montor. Semoga amal baiknya diterima oleh Allah swt dan
kesalahannya diampuninya amin. Tokoh yang kelima adalah mbah MUJI bin
kastowijoyo mbah muji adalah seorang juru kunci mbah sayyid thoyyib thohir
menurut cerita beliau menjadi juru kunci atas perintah mbah kardi bin morso bin
singowijoyo yang sebelumnya juru kunci adalah mbah kardi sendiri. Mbah muji di
samping sebagai penjawab qabul bagi orang-orang yang punya hajat yang datang
ziarah ke makam mbah sayyid thoyyib thohir juga menjaga dan merawat makam
sekitarnya selalu menjaga kebersihan tumbuh-tumbuhan bangunan dan penempatan
orang-orang yang akan di kubur. Beliau menjadi perawat atau juru kunci
kehidupannya serba tenang dan kecukupan walaupun kelihatan pas-pasan. Beliau
menikah dua kali juga bisa mencukupi istrinya yang kami tahu semenjak beliau
disuruh menjadi wakil shahibul hajat mengijab qabulkan hajat seseorang beliau
masuk ke makam dengan merunduk sopan santun memang pintu makamposisi rendah
filosofi dari pembuat pintu supaya penziarah tahu tatanan atau etika sowan
kepada orang-orang shaleh masuk salam dan merunduk apabila pamit pulang juga
merunduk sambil mundur bukan membelakanginya dan lebih baik sebelumnya mencium
tempatnya untuk ngalap berkah (tabarrukan). Sebelum acara di mulai beliau
meletakkan bunga bawaan shahibul hajat untuk ditaruh di nisan mbah sayyid dan yang
sebagian ditaruh dimakam mbah syamsuri. Beliau adalah seorang yang taat
beribadah sezaman mbah syarbini beliau pernah ketemu mbah sayyid walaupun dalam
mimpi beliau pernah mengatakan bahwa beliau keturunan dari orang-orang yang
makamnya di tengah makam berbatu nisan besar-besar yang terkenal MBAH MANTRI.
Akhirnya beliau udzur dan sakit sehingga wafat. Semoga amal baik beliau menjadi
muhibbin ahli baiti rasulillah saw dibalas oleh Allah swt dan kesalahannya
diampuninya dan tempatkan di surganya. Amin. Tokoh yang keenam adalah MBAH
KARDI alias MBAH PRAPTO REJO alias MBAH M. SAMO PRAYITNO beliau dilahirkan di
penagon tahun 1909 m.beliau putra mbah MORSO dan mbah morso saudara tua kandung
mbah BAKRI. Mbah bakri punya anak mbah SUKINI istri dari mbah SYARBINI jadi
mbah kardi dengan mbah sukini adalah SEPUPU (anak ndulur). Mbah kardi menjadi
bekel (kamituwo) ketika masih muda masih sekolah SMP kira-kira umur 17 tahun
tepanya tahun 1925 sebelum merdeka dan sebelum NU lahir. Beliau dengan
tulisan-tulisannya yang bagus rapi bisa menulis jawa dwipo (tulisan jowo) arab,
Indonesia dan jepang kemungkinan belanda juga karena beliau sekolah dan menjadi
kamituwo masih dibawah pemerintahan HINDIA BELANDA. Beliau menikah beberapa
kali pertama dengan dengan mbah mirah binti H. Abdul syukur pada hari sabtu
legi tanggal 28 sapar 1858 (jimakir) / 29 shofar 1346 H/ 27 agustus 1927 M.
Dikaruniai tiga anak yang dua laki-laki (kokoh atau suratno dan sareh) dan yang
satu perempuan (tani). Nikah kedua dengan mbah Rasit ngetuk dikaruniai dua anak
perempuan (sukati dan narti). Dan nikah yang ketiga dengan mbah sari adiknya
rasit dikaruniai anak tiga (sriatun, sritatik, saat). Selanjutnya mbah kardi
punya peninngalan pusaka, al qur’an stambul jimat-jimat dan buku antara lain :
1- buku jawa dwipa (aksara jawa) tentang tembang pucung, agama, rahasia
perempuan. 2- buku jawa dwipa (aksara jawa) tentang kawruh sejati ditulis tahun
1948 m/ 1879 Jawa. 3- Almanak (jawa) 3 jilid. 4- primbon jawa peninggalan
kakeknya (singojoyo) 3 jilid. 5- buku-buku jawa umum. Beliau mulai menjabat
kamituwo di dukuh penagon hari selasa kliwon 29 maret 1927 m. ada yang
mengatakan diangkat tahun 1925 m. Beliau mengabdi kepada masyarakat kurang
lebih 65 tahun. Sebagai orang yang tegas disiplin dan sangat disegani suaranya
lantang berpuluh-puluh tahun mengabdi kepada masyarakat dan Negara beliau tetap
rendah hati sering berkata : Aku dadi kamituwo ngene iki mung sak dermo
nglakoni, dadi wong urip dadiyo wong sing sabar lan ngalah mongko luhur
wekasane” selang satu tahun sebelum meninggal dunia beliau sangat rajin beramal
dan beribadah kalau pergi jum’atan perginya paling awal sampai meninggal dunia.
Beliau punya peninggalan doa tolak balak بسم الله الرحمن الرحيم قل هو بليء امبولئ امبالئ كوو ويتن فراني توكغ نا
لمبو فوتيه كدوغ انا جكراوغسا رجه ايمان سلامت
Akhirnya beliau
meninggal sekitar tahun 1997 semoga semua dosa dan kesalahannya diampuni oleh
Allah dan amal baiknya diterima sebagai amal shaleh amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar