Selasa, 07 Agustus 2012

ZAKAT


ZAKAT
Catatan:                                                                                                                  1- Batas Wilayah zakat adalah balad (kecamatan) Kalau keluar dari balad maka berarti NAQLUZ ZAKAT yang tidak diperbolehkan Keterangan kitab I’anatut thalibin juz 2 hal 198 (fashl fi adaizzakat). Dan kitab syarqawi ala tuhfatuhut thullab juz 1 hal 394.                                                                                                                            2- Naqluzzakat dalam kitab I’anatut thalibin juz 2 hal 1978 yang memperbolehkan adalah pedapat imam Hanafi (wabihi qola abu hanifah wayajuzu indahu naqluzzakat ma’al karohah wadaf’u qimataha waaina malittijarah).                                                                                               3-Apabila tidak ditemukan MUSTAHIQ (malu diatas namakan fakir miskin atau lainnya) maka wajib naqluzzakat.keterangan kitab qulyubi juz 3 hal 203 (kitabu qismisshodaqat) (walau adamul ashnaf filbaladi wajabannaqlu) ila aqrabil bilad ilaihi.                                                                                                 4- Menyerahkan zaakat kepada lembaga/panitia/wakil itu diperbolehkan tapi lebih baik memberikan sendiri kepada yang berhak. Keterangan kitab bajuri juz 1 hal 281.(waadauha lahu…..)                                                                                 5- NAQLUZZAKAT Ada yang memperbolehkan dan ada yang tidak memperbolehkan, menurut qaul masyhur dari madzhab maliki dan syafi’I maka TIDAK BOLEH apabila di daerah/balad tersebut masih ada mustahiq, menurut madzhab hanafi dan para mujtahid termasuk imam bukhari maka  BOLEH. Keterangan kitab I’anatuttaholibain juz 2 hal 187.                                                                                                                                       6- Pengurus minta zakat kepada lembaga dari luar daerah itu BOLEH apabila pengurus termasuk MUSTAHIQ (fakir miskin,gharim atau lainnya) dan lembaga tersebut statusnya sebagai wakil dari MUZAKKI (orang yang zakat).Masalah minta diluar Daerah bukan termasuk NAQLUZZAKAT yang khilafiyyah. Keterangan kitab I’anatut thalibin juz 2 hal 199.                                                                                                                          7- YATIM PIATU Boleh menerima zakat apabila mereka termasuk dari salah satu delapan ashnaf yang berhak menerima zakat seperti fakir atau miskin dan bukan keturunan bani hasyim dan bani muthallib itu menurut pendapat yang shahih. Keterangan kitab kifayatul akhyar juz 1 hal 198.                                                                                                                         8- Anak yatim tidak berhak menerima zakat kecuali ia termasuk fakir miskin yang tidak ada penanggungnya.tapi dalam santunan boleh menerimanya bukan atas nama zakat.keterangan kitab I’anatut thalibin juz 2 hal 186-187.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar