(30) NURUL 'A'YUN

34 Karya Tulis Nur Amin Bin Abdurrahman:
(1) Kitab Tawassulan Washolatan, (2) Kitab Fawaidurratib Alhaddad, (3) Kitab Wasilatul Fudlola', (4) Kitab Nurul Widad, (5) Kitab Ru'yah Ilal Habib Luthfi bin Yahya, (6) Kitab Manaqib Assayyid Thoyyib Thohir, (7) Kitab Manaqib Assyaikh KH.Syamsuri Menagon, (8) Kitab Sholawat Qur'aniyyah “Annurul Amin”, (9) Kitab al Adillatul Athhar wal Ahyar, (10) Kitab Allu'lu'ul Maknun, (11) Kitab Assirojul Amani, (12) Kitab Nurun Washul, (13) Kitab al Anwarullathifah, (14) Kitab Syajarotul Ashlin Nuroniyyah, (15) Kitab Atthoyyibun Nuroni, (16) Kitab al 'Umdatul Usaro majmu' kitab nikah wal warotsah, (17) Kitab Afdlolul Kholiqotil Insaniyyahala silsilatis sadatil alawiyyah, (18) Kitab al Anwarussathi'ahala silsilatin nasabiyyah, (19) Kitab Nurul Alam ala aqidatil awam (20) Kitab Nurul Muqtafafi washiyyatil musthofa.(21) KITAB QA'IDUL GHURRIL MUCHAJJALIN FI TASHAWWUFIS SHOLIHIN,(22) SHOLAWAT TARBIYAH,(23) TARJAMAH SHOLAWAT ASNAWIYYAH,(24) SYA'IR USTADZ J.ABDURRAHMAN,(25) KITAB NURUSSYAWA'IR(26) KITAB AL IDHOFIYYAH FI TAKALLUMIL ARABIYYAH(27) PENGOBATAN ALTERNATIF(28) KITAB TASHDIRUL MUROD ILAL MURID FI JAUHARUTITTAUHID (29) KITAB NURUL ALIM FI ADABIL ALIM WAL MUTAALLIM (30) NURUL 'A'YUN ALA QURRATIL UYUN (31) NURUL MUQODDAS FI RATIBIL ATTAS (32) INTISARI & HIKMAH RATIB ATTAS (33) NURUL MUMAJJAD fimanaqibi Al Habib Ahmad Al Kaff. (34) MAMLAKAH 1-25 (35) TOMBO TEKO LORO LUNGO. (36) GARAP SARI

Kamis, 31 Maret 2011

Kitab “ MANAQIB AS SYAIKH KH.SYAMSURI PENAGON


7. Kitab “ MANAQIB AS SYAIKH KH.SYAMSURI PENAGON “Mbah syamsuri menagon atau terkenal lagi dengan sebutan KH. MUHAMMAD NUR HASAN THOYYIB bin kyai muhammad rais bin kyai abdul ghoni bin kyai hasan bisri jabal khoir/jebol mayong jepara.beliau adalah keturunan raden fatah demak  dan konon sebagai orang pertama yang membangun masjid menagon sebagai tempat ibadah dan syi'ar islam di daerah tersebut dan sekitarnya mbah syamsuri juga terkenal denga sebutan “WALI NGISOR GUNUNG SAPTO RENGGO “ serta tharekatnya khalwatiyyah/syathoriyyah.mbah syamsuri keturunan raden fatah ke 15 tharekatnya sampai rasul saw juga ke 15 dari mbah hasan jenamin dari syaikh abdurrahman dari syaikh murtadlo dari sayyid shodiqon dari syaikh abdussomad dari syaikh muhammad saman dari syaikh abdullah dari syaikh mushthofa bakri ra. Mbah syamsuri punya istri dua pertama mbah mur binti joyowongso yang meninggal saat melaksanakan haji di makkah.kedua mbah karni yang akhirnya di peristri mbah kh.yusa' seorang santri mbah syamsuri yang pernah mimpi di beri pakaian bekas oleh mbah syamsuri.sayangnya tokoh sebesar mbah syamsuri sampai wafat belum di karuniai keturunan tapi orang-arang yang pernah ngangsu kawruh pada mbah syamsuri merasa berkewajiban untuk meneruskan perjuangannya termasuk “AL HABIB ALI MAYONG “ murid tharekatnya yang pernah ditawari menjadi mursyid tapi belum sanggup.mbah syamsuri wafat kamis wage  11 ba'da mulud 1956 m. dimakamkan di pemakaman umum penagon nalumsari jepara ALAA INNA AULIYA ALLAH LAKHOFUN ALIHIM WALAA HUM YAHZANUN...........

Senin, 14 Maret 2011

Kitab “ NURUL ALAM “


Kitab ini merupakan terjamahan dari kitab “AQIDATUL 'AWAM “. Terjamahan ini untuk memudahkan para santri khususnya, dan para kaum muslimin pada umumnya dalam memahami sifat-sifat Allah yang terkenal dengan mu'taqod skeet-nya yang terangkum dalam kalimah “LAA ILAHA ILLALLAH MUHAMMADURRASULULLAH “.
 Kitab 'Aqidatul Awam adalah karangan As Sayyid Ahmad Al Marzuqi Al Makky al Maliki RA. yang mendapat wejangan dan tarbiyyah 'aqidatu awam langsung dari Rasulullah SAW dan didoakan para shahabat-nya melalui ru'yah/mimpi.
Ikhwatil muslimin rahimakumullah, sekitar tahun 1987 sejak alfaqir kelas 3 Diniyyah Sabilul Huda Nalumsari  mulai menghafal kitab nadhoman 'aqidatul awam tersebut oleh ustadz Musyafa' Nglau Nalumsari Jepara. Setelah itu di kelas 4 juga menghafal khoridatul bahiyyah di kelas  5 menghafal Jauhar Tauhid karangan As Syaikh Ibrahim al Laqani, masuk di Madrasah Qudsiyyah mengulang Jauhar Tauhid lalu Kifayatul Awam dan Tuhfatul Murid dan pernah ngaji dengan mbah KH. Turaikhan Ajhuri Syarqowi ala hud-hud, Dasuqi ala Ummil Barahin, dan Tuhfatul Murid.
Masuk khidmah di Madrasah Qudsiyyah pertama mengajar Tauhid, Aqidatul Awam tahun 2001 dan sekarang tahun 2010 kembali lagi untuk mengajar kitab tersebut. Untuk  mempermudah pemahaman anak, kami tulis terjamah aqidatul awam beserta dalil-dalilnya dan terjamahan itu kami bernama “ NURUL 'ALAM “  yang berarti CAHAYA  ALAM SEMESTA
ABDA U BISMiLLAHI WARRAHMANI # WABIRRAHIMI DAIMIL ICHSANI. ALHAMDULILLAHIL QODIMIL AWWALI # AL AKHIRIL BAQI BILA TACHAWWULI....

Minggu, 13 Maret 2011

Kitab AL ANWARUS SATHI'AH (CAHAYA BERSINAR TERANG)


Kitab ini merupakan terjamahan dari kitab Al Faroidus Saniyyah, karya KH. M. SYA'RONI AHMADI KUDUS, seorang kyai kharismatik yang jarang diketemukan zaman sekarang ini, yang mauidhohnya terkenal tidak membosankan meski diulang-ulang. Beliau umurnya sudah udzur dan kemudian timbulah niat alfaqir untuk mengabadikan ilmu fatwa dan nasehat beliau yang sudah tertulis rapi.
Kitab Faroidus Saniyyah memang cocok untuk masyarakat, khususnya yang berhaluan ahlussunnah waljamaah.  Kitab Faroidus Saniyyah ini adalah doktrin/ajaran sunni yang di situ memuat dalil yang dapat langsung dicerna oleh masyarakat baik dari kalangan bawah sampai atas. Dan itulah salah satu keistimewaan Mbah Yai  Sya'roni dalam penyampain mauidhoh dan tulisanya yang begitu luwes moderat lagi alim juga dzaqi' bahkan dari golangan/faham/aliran  lainpun menerima.
Guna menjembatani bagi orang yang senang kepada Mbah Yai Sya’roni dan ingin membaca atau mengajar kitab dari beliau maka kami usahakan terjamahan. Kendati sangat sederhana dan  mungkin jauh dari sempurna, sekali lagi alfaqir hanya ikroman wata'dhiman pada mbah yai yang sudah udzur,  umur beliau sekitar 83 tahun. Semoga adanya kitab ini sebagai obor/penerang dan penyambung dawuh-dawuh beliau,  semoga bermanfa'at bagi semuanya, dunia sampai akhirat .
MAA  ANA 'ALAIHI WA ASHHABII.........

Kamis, 10 Maret 2011

Kitab AFDLOLUL KHOLIQOTIL INSANIYYAH


Kitab ini menerangkan silsilah dan ijazah silsilah secara khusus ada rentetannya nyambung kepada baginda Rasul SAW. serta ijazah-ijazah baik aurod maupun nasehat-nasehat.
Supaya tidak hilang silsilah tersebut kami buat kitab kecil ini buat rujukan sehingga tidak hilang tulisannya atau hafalannya baik ijazah khos maupun ‘am baik yang memberi itu habaib atau lainnya baik berupa aurod nasehat wasiat mauidhoh dan hikmah sampai ilmu thibnya baik wejangan secara Jawa maupun Arabnya atau Hizibnya, baik berupa azimat rajah maupun semburnya.
Semua ilmu Allah hanya sedikit yang mampu diterima oleh manusia. Tujuan lain adalah kita bisa menghargai ashhabul ijazah paling tidak kita bisa memberi hadiah Fatihah kepada beliau sekaligus murobathoh dan mujahadah istighotsah minta pertolongan kepada Allah SWT dengan mediasi kepada beliau supaya cepat berhasil hajat kita semua yang baik bermanfaat kepada semuanya dunia sampai akhirat.

TAALLAMUL ANSABA FAINNAHA TASHILU ILA ARCHAMIKUM.
Belajarlah ilmu silsilsh/nasab maka sesungguhnya ilmu nasab bisa menjadikan alat sambung kepada keluarga dan kerabatmu

Senin, 07 Maret 2011

Kitab AL UMDATUL USARO


Kitab ini sebagai referensi hukum khusus tentang Bab Nikah dan Jenazah. Latar belakang adanya kitab ini adalah ketika alfaqir (penulis) sering berdiskusi bersama ketua KUA Kecamatan Nalumsari yaitu bapak JAZERI SH. Dari Desa Gringging Dawe Kudus yang menjabat ketua KUA menggantikan bapak DRS.H. MOH KHOERON SAID M.H (ketua lama) sekarang dialihtugaskan di Kelet Bangsri Jepara.
Suatu hari pak Jazeri ke rumah alfaqir membicarakan tentang hukum masalah yang ada di masyarakat khususnya yang berhubungan dengan Nikah, Janazah, dan seputarnya.  Di situ pak Jazeri memperhatikan para anak buahnya (PPN/Modin) se-Kecamatan Nalumsari yang dimungkinkan masih asing dalam mengetahui hukum-hukum yang begitu kompleks dan rumit.
Untuk menjembatani semuanya pak Jazeri minta kepada kami untuk meneruskan pengajian KUA yang sebelumnya pernah ada yang diisi oleh bapak kyai Husein dari Nglau Nalumsari. Dalam pengajian itu muncul pertanyaan-pertanyaan dari para modin kemudian kami buat sebuah kitab kecil untuk menjawab semuanya dan kami beri nama”AL UMDATUL USARO” yang artinya tiang pegangan rumah tangga.

WALA YAMBAGHI LIFAQIRIN ANYATASHODDA WAYATASHODDARO LIIRSYADINNAS ILLA AN A'THOHULLAH ILMAL ULAMA WASIYASATAL MULUK WAHIKMATAL HUKAMA'....

Sabtu, 05 Maret 2011

Kitab “ AT THOYYIBUN NURONI “


Kitab ini merupakan nukilan dari kitab “ NAILUL AMANI “ karangan KH. Sidiq Piji Dawe Kudus, Mursyid Thoriqoh Qodiriyyah Wannaqsyabandiyyah baiat dari Syaikh Romli Tamim Rejoso, Peterongan, Jombang Jatim dan dikhatami serta memperoleh ijazah kemursyidan dari KH.Muslih bin Abdurrahman Mranggen.
Alfaqir (penulis) menukil setelah mendapat ijazah manaqib serta diberi kitab karangan beliau pada tahun 2002 bersama ustadz Muhimmi Wergu Kulon Kudus dalam sebuah acara silaturrahim seorang sesepuh yang masih eksis dalam kegiatan Thariqohnya sebagai  pengamal  manaqib Assyaikh Abdul Qodir Aljilani dan pengarang kitab Nailul Amani sebuah syarah kitab Manaqib Allujain Addani.
Dalam silaturrahim tersebut Mbah Sidiq memberi ijazah manaqib dengan riyadloh 40 hari puasa mutih yang umumnya diijazahkan 7 hari di sini Mbah Sidiq mempraktekkan dan memberi cara syarat-syarat tentang manaqib secara langsung disamping ada ijazah lainnya. Setelah itu alfaqir sering mengamalkan ijazah dari beliau dan menemukan keindahan-keindahan lafadz, kalimah dan lainnya terus kami kumpulkan dan kami tulis serta kami namakan”AT THOYYIBUN NURONI “.

'Ibadallah rijalallah aghitsuna liajlillah wakunu aunana lillah asanahdho bifadllillah